Latar Belakang

Globalisasi perekonomian dunia merupakan salah satu faktor yang tidak dapat ditolak oleh suatu negara yang menganut sistem perekonomian terbuka seperti Indonesia. Hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi globalisasi adalah melakukan penyesuaian kelembagaan sedemikian rupa sehingga sumber daya manusia dapat lebih berperan serta dalam pasar dunia. Penyesuaian kelembagaan membutuhkan rekayasa sosial yang terdiri dari tiga komponen, yakni pendidikan, teknologi dan obyek globalisasi.

Perguruan Tinggi swasta, termasuk di dalamnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, diharapkan mampu melakukan langkah-langkah penyesuaian dan pengembangan secara terus menerus, dalam upaya peningkatan pendidikan. Disamping itu untuk mencapai percepatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia mendorong tumbuh dan berkembangnya bisnis di Indonesia, baik pada tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional, yang pada akhirnya menimbulkan kebutuhan tenaga-tenaga profesional dengan kuantitas dan kualitatif yang memadai. Oleh karena itu perguruan tinggi dituntut untuk secara kreatif menawarkan program-program pendidikan yang memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat tersebut. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berusaha menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan Program Pascasarjana.

Pendidikan Pascasarjana yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia, sehingga dapat menjadi subyek teknologi dan dapat ikut menentukan obyek globalisasi yang sesuai dengan keunggulan nasional kita. Program Strata-2 (S-2) ini salah satunya merupakan pendidikan Ilmu Manajemen dengan Program Studi Manajemen Rumah Sakit.

Pendirian Program Studi Manajemen Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini merupakan langkah strategis kepentingan ideal dan konstektual. Fakultas Kedokteran UMY sebagai komponen dari UMY, selaku Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) mempunyai kepentingan organis untuk mengemban misi Persyarikatan khususnya dalam bidang kesejahteraan dan kesehatan umat dengan pembukaan Program Studi Magister Manajemen RS ini dapat menjadi kepanjangan tangan bagi Muhammadiyah untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional di bidang Manajemen Rumahsakit.