Admisi

PROGRAM STUDI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (MMR) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (UMY)
MEMBUKA KELAS  REGULER INTENSIF / PENUH WAKTU

Program Studi Manajemen Rumah Sakit  merupakan langkah strategis kepentingan ideal dan konstektual. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan  UMY sebagai komponen dari UMY, selaku Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang mempunyai kepentingan untuk mengemban misi Persyarikatan khususnya dalam bidang kesejahteraan dan kesehatan umat. Program Pasca Sarjana (S2 MMR) ini  menjadi kepanjangan tangan bagi Muhammadiyah untuk memenuhi kebutuhan AUMKES (amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan) akan Manajer RS yang profesional yang mampu mengelola bisnis “nor-profit” dengan beretika Islami. Hal-hal lain yang melatar belakangi pendirian program Pascasarjan ini adalah :

  1. Peningkatan jumlah RS/RB  yang meningkat pesat (saat ini terdapat lebih dari 300 RS/RB milik Muhammadiyah).
  2. Kemampuan  AUMKES yang sangat terbatas untuk membiayai SDM-nya ke jenjang S2 MMR/MARS
  3. Persyaratan tentang  Kompetensi Direksi: Permenkes no.971/Menkes/Per/XI/2009 ttg Standar Kompetensi Pejabat Struktural Kesehatan Menteri Kesehatan RI, dimana seorang Direktur RS harus memiliki kompetensi di bidang Manajemen.
  4. Menyediakan lulusan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi sebagai Manajer RS, sehingga dapat memenuhi kebutuhan RS yang tersebar diseluruh pelosok tanah air.

Jumlah Mahasiswa meningkat pesat sejak dibuka bulan Okt 2008

  • Tahun 1 : 47 mahasiswa
  • Tahun II : 82 mahasiswa
  • Tahun III (Oktober 2010 sudah terdaftar > 60 mhsw)

Kurikulum dan program pendidikan :

  • 42 SKS
  • Program Studi Manajemen Rumah Sakit  Sudah Terakreditasi
  • dapat ditempuh dalam waktu 18 bulan

Keunggulan : satu-satunya program MMR di Indonesia  yang memiliki kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan manajemen operasianal di RS dalam bentuk blok (mis. Blok Manaj. Rawat Inap, Rawat Jalan, Kamar operasi, dll)
Learning activities (Kegiatan pembelajaran) meliputi :kuliah, audioconference, tutorial, Field Site Teaching ke RS, refleksi kasus, penugasan, skill, praktikum, dan presentasi
Tenaga pengajar tidak hanya dari para akdemisi, tetapi juga para praktisi dan expertise RS, termasuk para Direktur RS Muhammdiyah yang sukses.

Program Penerimaan mahasiswa :

  1. Setiap  bulan Juli (Program Reguler) dan bulan Agustus (Program Eksekutif), dengan kuota per kelas maksimal 40 mahasiswa (regular) dan 25 mahasiswa (eksekutif).
  2. Menerima lulusan berbagai bidang ilmu
  3. Program regular paruh waktu : berasal dari S1 freshgraduate (termasuk  mahasiswa program dual degree (mis. ssmbil menempuh profesi Kedokteran sekaligus malam hari mempuh kuliah S2 MMR). Kuliah  dilaksanakan setiap malam jam 19.00 – 21.30, kec. Sabtu (sore)

Karena banyaknya permintaan dari manajer dan karyawan RS yang ingin meningkatkan kompetensi sebagai manajer RS yang professional, tetapi tidak memungkinkan kuliah setiap malam karena lokasi yang cukup jauh dari kampus UMY. Untuk memfasilitasi permintaan tersebut, pengelola MMR membuka kelas regular intensif  / penuh waktu (Eksekutif). Kegiatan perkuliahan hanya hari Jumat (mulai jam 13.00)  dan Sabtu (mulai  jam 09.00), tetap dengan 42 SKS.
Program regular intensif / penuh waktu mendapatkan fasilitas (tanpa biaya) sebagai berikut

  1. Buku dan/ modul  per mata kuliah diberikan setiap mahasiswa
  2. Hot spot 24 jam gratis di kelas dan lingkungan UMY
  3. Cofee break dan snack setiap hari
  4. Kelas eksklusif ber AC
  5. Dll

MMR UMY telah memiliki kerjasama dengan lebih dari 15 RS Pemerintah maupun Swasta sebagai lahan pendidikan.
Sebagai bentuk pedulian MMR UMY kepada SDM RS dibawah Amal Usaha Kesehatan Muhammadiyah, maka dberikan diskon khusus sampai dengan 7,5 juta untuk biaya SPP. Sehingga diharapkan RS-RS Muhammadiyah dan Aisyah dapat memilki kesempatan SDM nya untuk meningkatan kompetensi dirinya dan dapat mengelola RS professional dan Islami.