Oleh: Dr dr Arlina Dewi, M.Kes

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah sistem rumah sakit yang dipimpin oleh para dokter dikaitkan dengan peringkat kualitas, kinerja keuangan, dan efisiensi operasi A.S. News and World Report (USNWR) yang lebih baik dibandingkan dengan yang dipimpin oleh para manajer non-dokter.

Untuk melakukan penelitian ini, ada beberapa tahapan metode atau desain yang digunakan seperti kriteria inklusi rumah sakit, data kepemimpinan sistem rumah sakit dan kesehatan, data kualitas, data keuangan, dan analisis. Dalam kriteria inklusi rumah sakit, dilakukannya tinjauan retrospektif terhadap laporan biaya medicare tahun 2014 dan 2015 digunakan untuk mengidentifikasi 115 rumah sakit terbesar di Amerikan. Data posisi kepemimpinan dikumuplkan melalui sumber online yang tersedia, sistem kesehatan situs web, dan menghubungi secara langsung. Data kualitas untuk setiap rumah sakit diperoleh dari sistem rating USNWR 2015 agar memenuhi syarat untuk dinilai dalam spesialisasi tertentu. Data keuangan diambil dari Medicare 2013/2014. Analisis statistik dilakukan menggunakan SAS (Versi 9.3) dengan alpha berekor dua, 0,05. Analisis bivariat adalah dilakukan untuk membandingkan peringkat kualitas USNWR, rumah sakit volume, dan kinerja keuangan antara dokter dan rumah sakit.

Analisis termasuk 34 rumah sakit yang dipimpin dokter dan 81 orang non-dokter yang dipimpin analisis bivariat menunjukkan bahwa rumah sakit yang dipimpin dokter memiliki USNWR yang jauh lebih tinggi penilaian kualitasnya di semua spesialisasi daripada rumah sakit yang dipimpin non-dokter. Sistem rumah sakit besar yang dipimpin oleh dokter pada tahun 2015 mendapat peringkat USNWR lebih tinggi daripada rumah sakit dipimpin oleh non-dokter, tanpa perbedaan kinerja keuangan. Studi ini menunjukkan bahwa pemimpin dokter mungkin memiliki keterampilan pendekatan, kualitas, atau manajemen yang secara positif mempengaruhi kualitas rumah sakit dan nilai perawatan yang diberikan. Adapun dalam praktik Implikasi, tingkat kualitas dan efisiensi rumah sakit sangat bervariasi dan dapat mempengaruhi keputusan konsumen. Sistem rumah sakit bisa mendapat manfaat dari kehadiran pimpinan dokter untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi perawatan terhadap pasien. Selain itu, pendidikan kedokteran harus membantu mempersiapkan dokter untuk mengambil peran kepemimpinan di rumah sakit dan sistem kesehatan (Tasi, Kewani, & Bozic, 2017).

Tasi, M. C., Kewani, A., & Bozic, K. J. (2017). Does physician leadership affect hospital quality, operational efficiency, and financial performance? 1-7.