Logo Awan Kesehatan Muhammadiyah

Logo Awan Kesehatan Muhammadiyah

Muhammadiyah, sebagai salah satu organisasi masyarakat muslim terbesar di Indonesia telah memiliki banyak amal usaha di bidang kesehatan, yaitu 457 AUMAKES (Amal Usaha Muhammadiyah Kesehatan) yang tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya terdapat 70 RS dan 9 universitas kedokteran Muhammadiyah yang tersebar di seluruh nusantara. Dengan adanya 9 fakultas kedokteran yang beberapa di antaranya terdiri dari pendidikan dokter, dokter gigi dan perawat, maka seharusnya Muhammadiyah telah menghasilkan banyak tenaga kesehatan. Namun pada kenyataannya, pelayanan kesehatan dari tenaga medis belum optimal karena tidak seimbangnya supply and demand. Rasio tenaga kesehatan seperti perawat dan jumlah penduduk Indonesia idealnya1:4000 tetapi yang terdapat di Indonesia 1:10.000.

Beberapa rumah sakit di Indonesia telah memiliki sistem informasi (SI) kesehatan yang dirasa sudah cukup baik untuk digunakan, namun fungsi yang diberikan masih berorientasi pada manajemen internal. Di sinilah Awan Kesehatan Muhammadiyah (AKM) hadir sebagai solusi atas latar belakang tersebut. AKM diharapkan dapat menghubungkan dan membangun jaringan antar-AUMAKES se-Indonesia. AUMAKES yang bergerak secara sistematis dan berjamaah akan dapat memberikan impact yang lebih bermakna bagi kemajuan pembangunan kesehatan Indonesia dan umat Islam pada khususnya.

Apakah Awan Kesehatan Muhammadiyah itu? Awan Kesehatan Muhammadiyah merupakan layanan teknologi informasi kesehatan dalam bentuk jejaring kesehatan berbasis model cloud computing yang mampu menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan guna men-support pengambilan keputusan dari setiap jaringan unit pelayanan kesehatan milik Muhammadiyah.

Layanan ini juga dapat menghubungkan kebutuhan informasi antar elemen yang terkait pada jaringan layanan kesehatan muhammadiyah. Dengan layanan tersebut, rumah sakit dapat terhubung dengan universitas sehingga akan mengurangi ketidak-sesuaian antara kebutuhan tenaga kesehatan dengan suplai tenaga kesehatan dari universitas. RS di daerah-daerah yang jauh dari universitas dapat dengan mudah membidik tenaga kesehatan siap kerja yang diluluskan oleh universitas-universitas Muhammadiyah dari seluruh Indonesia. Hal demikian diharapkan dapat membantu pemerataan pelayan kesehatan di Indonesia, di samping misi dakwah bidang kesehatan yang dititipkan pada setiap alumni fakultas kedokteran/ kesehatan Muhammadiyah. Di sisi lain, universitas termasuk yang memiliki Program Pascasarjana seperti UMY dapat menawarkan pendidikan berkelanjutan yang relevan bagi manajer/ SDM RS seperti Manajemen Rumah Sakit, Manajemen Keperawatan, Hospital Engineering, dan sebagainya.

sistem web-cloud sumber gambar: www.aims360.com

sistem web-cloud
sumber gambar: www.aims360.com

Manfaat lainnya, RS juga dapat dengan mudah memantau ketersediaan obat sehingga tidak akan terjadi stok habis atau terlalu banyak stok. RS dapat pula mengakses layanan dari AUMAKES terkait, seperti Kooperasi Kesehatan yang menyediakan obat-obatan dan peralatan medis lainnya.

Selain itu, dalam menyambut SJSN 2014 diharapkan layanan kesehatan Muhammadiyah bisa terhubung dengan asuransi kesehatan sehingga memudahkan dalam pemberian layanan terbaik ke pasien. AKM pada umumnya disediakan untuk diakses secara bersama-sama antar rumah sakit dengan menggunakan layanan internet secara publik atau digunakan mandiri di setiap lingkungan rumah sakit secara private.

Dengan tujuan berjalannya sistem Awan Kesehatan Muhammadiyah yang lebih baik, maka telah dilakukan pelatihan, workshop dan evaluasi webcloud sistem AKM kepada layanan kesehatan Muhammdiyah yang terdapat di Indonesia. Pelatihan ini dilakukan pada 15-16 April 2014 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pusat Jln. Menteng Raya, Jakarta. Pada acara ini, dihadiri oleh perwakilan 29 AUMAKES yang terdiri dari 21 rumah sakit dan 8 fakultas kedokteran termasuk program studi Manajemen Rumah Sakit UMY. Dalam tahapan master plan, AKM akan dibagi pada 3 tahap, yakni pada tahun 2014 untuk input data secara manual, kemudian meningkat pada 2015 dengan sistem input data semi-otomatis, dan pada akhirnya pada tahun 2016 diharapkan semua input data akan dilakukan secara otomatis. Di dalam awan kesehatan ini akan bisa didapatkan data sebaran layanaan kesehatan di seluruh Indonesia beserta informasi atau profile masing-masing rumah sakit dan fakultas/ prodi kesehatan, kemudian juga dalam awan kesehatan dapat diketahui jumlah dokter dan jam pelayanan dokter, fasilitas dan SDM yang dimiliki RS, jenis penyakit yang sedang ditangani di RS secara terintegrasi. Anda dapat mengunjungi www.awankesehatan.com untuk mengetahui lebih lanjut manfaat sistem ini. (WP)

Sumber :
1. Buku Petunjuk Penggunanaan Aplikasi Awan Kesehatan Muhammadiyah.
2. Pelatihan, workshop dan evaluasi webcloude awan kesehatan muhammadiyah.

Sharing is caring!