Mahasiswa angkatan 5 program MMR-UMY baru saja kembali dari kunjungan Benchmarking (semacam studi banding) mereka ke RS Siloam Gleneagles-Karawaci dan RS Surya Husada Bali. Kedua RS merupakan RS yang mempunyai reputasi yang baik di bidang mutu dan keselamatan pasien.

RS Siloam Gleneagles-Karawaci merupakan salah satu RS yang terakreditasi oleh JCI (Join Commission International) dari sedikit RS di Indonesia yang telah terakreditasi oleh JCI. RS Surya Husada Bali adalah sebuah RS yang terletak di daerah Denpasar Bali, RS ini dikenal memiliki mutu yang baik dengan berhasilnya RS ini mendapatkan ISO 9000 tahun 2007 dan melakukan sertifikasi ulang ISO 9000 ini pada bulan Januari tahun 2010.

Di kedua RS ini rombongan MMR-UMY ditemui langsung oleh Manajemen RS yang dipimpin langsung oleh masing-masing Direktur Utama, Dr dr. Andry, MM, MHkes dari RS Siloam dan dr. I. A. Ratih Komala. Dewi, MMR, dari RS Surya Husada Bali. Diskusi yang intensif terjadi di antara direktur RS, tim RS, dengan mahasiswa MMR dan Dosen yang menemani yaitu dr. Erwin Santosa, SpA., Mkes dan Dr. Firman Pribadi, MSi.

Hasil dari kegiatan Benchmarking ini selanjutnya akan didiskusikan dan disajikan oleh mahasiswa melalui program ELS (Learning Management System) di MMR-UMY, sehingga seluruh mahasiswa dan staf pengajar program MMR-UMY dapat ikut berpartisipasi dengan berdiskusi di program ELS ini. Hasil lain dari kegiatan ini selanjutnya diharapkan tidak hanya memberikan inspirasi bagi mahasiswa dalam penyusunan tesis-nya melainkan juga menambah pengalaman praktis sebagai manajer RS.

Sharing is caring!