Capaian Pembelajaran (CP)
NO | UNSUR SN PT & KKNI | CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) | |
1 | Sikap | S 1 | Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S 2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika . | ||
S 3 | berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan pancasila. | ||
S 4 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan . | ||
S 5 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik. | ||
S 6 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | ||
S 7 | Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan. | ||
S 8 | Mampu membangun mental model pemimpin agar dapat berperan sebagai manajer perumahsakitan dengan mengembangkan peran kepemimpinan dalam mengelola perubahan. | ||
S 9 | Mampu membangun iklim organisasi untuk beradaptasi dan mentrasformasi seluruh elemen organisasi melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result). | ||
2 | Penguasaan Pengetahuan | PP 1 | Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
PP 2 | Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. | ||
PP 3 | Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. | ||
PP 4 | Mampu menghasilkan nilai tambah dalam proses pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit melalui penerapan fungsi manajemen dan prinsip bisnis sehingga dapat meningkatkan mutu, aksesibilitas, keterjangkauan, ekuitas, efektifitas dan efisiensi rumah sakit | ||
PP 5 | Mampu menganalisis dan merespon dinamika faktor eksternal yang meliputi sistem dan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit, perspektif pasien dan komunitas, kebijakan dan lingkungan denganmenggunakan pendekatan Evidence Based Management Practice (EBMP) dan knowledge management guna meningkatkan mutu pelayanan, keunggulan kompetitif serta keberlangsungan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit dan pengembangan ilmu. |
NO | UNSUR SN PT & KKNI | CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) | |
3 | Keterampilan Umum | KU 1 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain tau karya seni dalam bidang pengetahuan dan tehnologi yang memperhatikan dan menerapan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalm jurnal ilmiah yang terakreditasi. |
KU 2 | Melakukan melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. | ||
KU 3 | 3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. | ||
KU 4 | mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkanb melalui pendekatan inter atau multi disipliner. | ||
4 | Ketrampilan Khusus | KK 1 | Mampu berkomunikasi sebagai manajer fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit untuk melakukan advokasi, negosiasi (mediasi) dan lobby secara interpersonal, massa dan media sehingga berhasil membangun kemitraan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder). |
KK 2 | Mampu menyelaraskan antara individu dan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit sesuai dengan standar etika dan profesi, meliputi akuntabilitas, orientasi pelayanan, komitmen pada pengembangan profesionalisme dan pembelajaran seumur hidup dengan cara membangun karakter profesional, kompetensi individu. | ||
KK 3 | Mampu membangun budaya organisasi untuk beradaptasi dan mentrasformasi seluruh elemen organisasi melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result). |
Table 3 : Kaitan Profil Lulusan MMR dan Capaian Pembelajaran
NO | PROFIL LULUSAN & DESKRIPSI | UNSUR SNPT & KKNI | KODE | CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) |
1 | Manager | Sikap | S1 | Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika | |||
S3 | berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan pancasila | |||
S4 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |||
S5 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik | |||
S6 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |||
S7 | Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan. | |||
S8 | Mampu membangun mental model pemimpin agar dapat berperan sebagai manajer perumahsakitan dengan mengembangkan peran kepemimpinan dalam mengelola perubahan | |||
Penguasaan Pengetahuan | PP1 | Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. | ||
PP2 | Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. | |||
PP3 | Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. | |||
PP4 | Mampu menghasilkan nilai tambah dalam proses pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit melalui penerapan fungsi manajemen dan prinsip bisnis sehingga dapat meningkatkan mutu, aksesibilitas, keterjangkauan, ekuitas, efektfitas dan efisiensi rumah sakit | |||
PP5 | Mampu menganalisis dan merespon dinamika faktor eksternal yang meliputi sistem dan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit, perspektif pasien dan komunitas, kebijakan dan lingkungan denganmenggunakan pendekatan Evidence Based Management Practice (EBMP) dan knowledge management guna meningkatkan mutu pelayanan, keunggulan kompetitif serta keberlangsungan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit dan pengembangan ilmu. | |||
Keterampilan Umum | KU1
|
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain tau karya seni dalam bidang pengetahuan dan tehnologi yang memperhatikan dan menerapan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan tulisan dalm jurnal ilmiah yang terakreditasi | ||
KU2 | Melakukan melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. | |||
KU3 | Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyakart luas | |||
KU4 | mampu mengidentifikasi bidng keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkanb melalui pendekatan inter atau multi disipliner | |||
Keterampilan Khusus | KK1 | Mampu berkomunikasi sebagai manajer fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit untuk melakukan advokasi, negosiasi (mediasi) dan lobby secara interpersonal, massa dan media sehingga berhasil membangun kemitraan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder). | ||
KK2 | Mampu menyelaraskan antara individu dan pengelolaan fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit sesuai dengan standar etika dan profesi, meliputi akuntabilitas, orientasi pelayanan, komitmen pada pengembangan profesionalisme dan pembelajaran seumur hidup dengan cara membangun karakter profesional, kompetensi individu. | |||
2. | Leader | Sikap | S1 | Bertaqwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika | |||
S3 | berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan pancasila | |||
S4 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | |||
S5 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik | |||
S6 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |||
S7 | Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan. | |||
S8 | Mampu membangun mental model pemimpin agar dapat berperan sebagai manajer perumahsakitan dengan mengembangkan peran kepemimpinan dalam mengelola perubahan | |||
S9 | Mampu membangun iklim organisasi untuk beradaptasi dan mentrasformasi seluruh elemen organisasi melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result). | |||
Penguasaan Pengetahuan | PP2 | Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. | ||
PP3 | Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional. | |||
PP5 | Mampu menganalisis dan merespon dinamika faktor eksternal yang meliputi sistem dan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit, perspektif pasien dan komunitas, kebijakan dan lingkungan denganmenggunakan pendekatan Evidence Based Management Practice (EBMP) dan knowledge management guna meningkatkan mutu pelayanan, keunggulan kompetitif serta keberlangsungan organisasi fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit dan pengembangan ilmu. | |||
Keterampilan Umum | KU2 | Melakukan melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya. | ||
KU3 | Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyakart luas | |||
KU4 | mampu mengidentifikasi bidng keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkanb melalui pendekatan inter atau multi disipliner | |||
Keterampilan Khusus | KK1 | Mampu berkomunikasi sebagai leader fasilitas pelayanan kesehatan perseorangan/rumah sakit untuk melakukan advokasi, negosiasi (mediasi) dan lobby secara interpersonal, massa dan media sehingga berhasil membangun kemitraan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder). | ||
KK3 | Mampu membangun budaya organisasi untuk beradaptasi dan mentrasformasi seluruh elemen organisasi melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result). |