DECONTAMINATION for HOSPITAL

02/10/2018 oleh : mmr

Penulis: dr Maria Ulfa, MMR

Steam Cleaning

Mesin uap dengan cepat efektif terhadap berbagai patogen, terutama VRE, MRSA, dan basil Gram-negatif, termasuk P. aeruginosa. Keuntungan menggunakan uap lebih sedikit waktu pembersihan, tidak ada bahan kimia beracun atau biaya dry-cleaning, dan konsumsi air 90% lebih sedikit. Hasil akhirnya adalah visual yang prima, dengan dukungan yang jelas dari staf pembersihan. Teknologi microfiber-steam juga terbukti menjadi metode dekontaminasi yang sangat efektif dalam situasi wabah, dengan keuntungan yang sama seperti yang dilaporkan untuk pembersihan rutin.

Steam juga menawarkan strategi pembersihan yang berguna untuk toilet umum di rumah sakit dan tempat lain. Sistem uap umumnya harus digunakan hanya di daerah berventilasi baik, karena penumpukan kondensat yang berulang-ulang dapat mempengaruhi bioburden lingkungan serta merusak kain internal. Tergantung pada jenis peralatan dan permukaan yang dipilih, masih ada kebutuhan untuk penilaian risiko komprehensif patogen aerosol dari proses penguapan.

Ozon

Ozon adalah agen pengoksidasi kuat yang memiliki dampak terbatas pada spora bakteri dan jamur tetapi sangat efektif terhadap sel bakteri vegetatif. Meskipun relatif murah untuk diproduksi, keduanya bersifat toksik dan berpotensi korosif untuk logam dan karet, terlepas dari disosiasi yang cepat menjadi oksigen. Ozon memiliki potensi sebagai dekontaminasi gas untuk mengendalikan lingkungan C. difficile, dengan berbagai hasil.

Hidrogen Peroksida

Beberapa sistem yang menghasilkan hidrogen peroksida (HP) dalam formulasi yang berbeda (misalnya, uap HP dan aerosol kering) telah dipelajari karena potensinya untuk mendekontaminasi objek dan permukaan lingkungan di kamar rumah sakit. Sistem HP efektif melawan M. tuberculosis, MRSA, virus, sporeformers, VRE, dan bacilli Gram-negatif multiresisten, termasuk Acinetobacter spp.

Seperti sistem UV-C, perangkat HP secara universal mahal, tidak dapat digunakan di ruangan yang ditempati, dan membutuhkan operator yang terlatih. Mereka juga membutuhkan integrasi terencana ke dalam jadwal dekontaminasi. Desinfeksi HP yang efektif mungkin memerlukan beberapa jam untuk menyelesaikan siklus penuh, yang kontras dengan waktu yang diperlukan untuk pembersihan debit tradisional.