RS Muhammadiyah Lamongan

RS Muhammadiyah Lamongan

RS Muhammadiyah Lamongan adalah salah satu amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan (AUMKES) yang terletak di JL. Jaksa Agung Suprapto, No. 76, Lamongan, Jawa Timur.  Rumah Sakit tipe B ini memiliki motto “cepat, bermutu, terjangkau, dan Islami” dan telah terakreditasi KARS versi 2012 dengan predikat PARIPURNA. 

Beberapa direktur tercatat telah menahkodai RS yang memiliki sejarah panjang sejak diinisiasi pada Agustus 1986. Salah seorang kader Muhammadiyah, dr. Erwin Santosa Sp. A, M.Kes. telah mengemban tugas sebagai direktur utama RS Muhammadiyah Lamongan dalam masa jabataan 3 tahun, yaitu sejak tahun 2011 sampai 2014 dan telah menyelesaikan tugas yang diemban dengan baik pada bulan Juni 2014.

Dokter yang juga menjabat sebagai Kepala Program Studi Manajemen Rumah Sakit UMY ini menyampaikan bahwa selama mengemban tugas sebagai direktur utama RS Muhammadiyah Lamongan telah menambah pengalaman dalam mengelola rumah sakit, setelah sebelumnya pernah mengemban tugas sebagai direktur utama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Beliau menambahkan bahwa salah satu hal yang sangan membuat terkesan selama menjabat sebagai direktur utama di RS Muhammadiyah Lamongan adalah sumber daya manusia yang ada di RS tersebut  memiliki budaya organisasi yang baik, salah satunya faktornya adalah banyak SDM yang masih berusia muda sehingga sangat energik, serta lebih mudah dan cepat untuk dibawa ke arah perbaikan.

RS PKU Muhammadiyah Lamongan di bawah leadership dr. Erwin yang juga menggeluti ilmu manajemen rumah sakit ini, telah mencapai banyak target prestasi, salah satunya telah mendapatkan status akreditasi tertinggi yaitu akreditasi paripurna saat mengikuti akreditasi terbaru, yaitu akreditasi KARS versi 2012 yang mengacu pada Joint Committee International. Hal ini merupakan capaian yang sangat baik, mengingat RS Islam yang telah lulus akreditasi dan mendapat akreditasi paripurna jumlahnya belum banyak.

Dokter yang pernah menjabat sebagai dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY dan menggeluti ilmu pediatrik baik sebagai praktisi maupun sebagai dosen ini mengharapkan ke depannya rumah sakit Muhammadiyah Lamongan dapat berkembang lebih baik. Salah satu target selanjutnya yaitu menjadi rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dapat tercapai.

dr.Erwin Santosa, Sp.A.,M.Kes. beserta Tim Akreditasi RS Muhammadiyah Lamongan

dr.Erwin Santosa, Sp.A.,M.Kes. beserta Tim Akreditasi RS Muhammadiyah Lamongan

RS Muhammadiyah Lamongan kini dipimpin oleh direktur baru, yaitu dr. Ummi Aliyah, MARS yang sebelumnya juga telah menjabat dalam jajaran direksi RS tersebut. RS yang mengemban misi sosial-keagamaan dengan status akreditasi yang baru saja diraih ini, semoga makin memantapkan budaya organisasi yang baik guna menjamin mutu pelayanan RS yang berkualitas.

Selepas amanah direktur utama di RS Muhammadiyah Lamongan tersebut, dr. Erwin masih aktif di berbagai organisasi dan lembaga pendidikan. Tercatat, ayah 3 anak ini masih menajabat sebagai wakil ketua MPKU Pusat, ketua KORSMA (Konsosrisum Rumah Sakit Muhammadiyah & ‘Aisyiyah), BPH Stikes ‘Aisyiyah, staf ahli Dikti bidang Rumah Sakit Pendidikan, serta anggota KARS. Semangat dr. Erwin yang pantang lelah membangun kesejahteraan umat melalui organisasi Muhammadiyah bidang kesehatan dan pendidikan ini patut menjadi teladan bagi generasi muda, mengingat dalam usia yang sudah tidak lagi muda beliau masih menyumbangkan pemikiran, harta, dan tenaganya dalam kebaikan.

 (WP)