Pendaftaran Blok Elektif

Pengantar Blok Elektif Manajemen Rumah Sakit Tahun Ajaran 2017/2018:

Blok Elektif merupakan blok yang berisi 5 mata kuliah pilihan. Setiap mahasiswa harus memilih 1 Matakuliah, sesuai yang diinginkan. Besarnya SKS setiap Mata kuliah Blok Elektif ini adalah 2 SKS. adapun mata kuliah pilihan adalah sebagai berikut:

MATA KULIAH

PENANGGUNGJAWAB

KUOTA

Akreditasi Rumah Saki

Dr. dr. Arlina Dewi.,M.Kes, AAK.

20

Manajemen Bencana

Dr. Elsye Maria Rosa,.M.Kep

15-20

Benchmarking

Dr. Firman Pribadi,Msi.

15

Hospital Engineering

Dr. Qurratul Aini.,SKG,M.Kes.

Min. 15

Sistem Casemix

Dr. Dr. Nurhidayah,M.M.

20

Deskripsi Matakuliah Blok Elektif:

Mata Kuliah Akreditasi Rumah Sakit

Mata kuliah ini adalah berisi tentang pemahaman dan aplikasi dalam penerapan Akreditasi Rumah Sakit yang berstandar nasional akreditasi rumah sakit versi 1 yang wajib di miliki oleh manajer rumah sakitdi Indonesia. Meskipun di dalam mata kuliah lain, tetapi di Blok ELektif mata kuliah Akreditasi Rumah Sakit iniakan diberikan secara terperinci, tentang Standar perstandar di dalam Standar Nasional Akreditasi RS versi I. Komptensi harapan dalam pembelajaran mata kuliah ini adalah sebagai berikut:

Mahasiswa mampu merencanakan, menyusun, dan mengevaluasi peningkatan mutu dan keselamatan pasienmelalui implementasi standar akreditasi rumah sakit pada pasien.

Mahasiswa mampu menyusun strategi untuk meraih atau memperoleh status rumah sakit akreditasi paripurna.

Mata Kuliah Manajemen Bencana

Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mengambil dan mengantisipasi resikoBencana serta mampu mengelola RS secara efisien melalui fungsi manajemen pada unit Emergensi dan mampu memberdayakan SDM di Rumah Sakit.

Mata Kuliah Benchmarking

Tujuan dari benchmarking ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman praktis dalam manajemen / administrasi rumah sakit, misalnya: manajemen keselamatan pasien, manajemen mutu (akreditasi rumah sakit), E-medical record, manajemen farmasi, melalui diskusi dengan dosen atau praktisi di rumah sakit., pengamatan di rumah sakit, dll.

Mata Kuliah Hospital Engineering

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar lebih mendalam mengenai desain rumah sakit, pembangunan rumah sakit, sistem informasi. sistem perpipaan, mesin dan kelistrikan RS. Aspek fisik RS sangat penting dalam menunjang pelayanan RS yang baik, tangible, serta kemananan staf, pasien, maupun lingkungan.

Mata Kuliah Sistem Casemix 

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar lebih mendalam mengenai upaya kendali mutu dan biaya RS melalui sistem casemix serta manajemen SDM dengan penyusunan dan implementasi remunerasi. Pemahaman mengenai casemix harus dikuasai mahasiswa MMR mengingat kini terjadi perubahan era pembayaran kesehatan dari pay for service menjadi era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Deskripsi lengkap Klik >> Sistem Casemix

Foto Kegiatan Blok Elektif  Sistem Casemix klik >> FOTO 

Penanggungjawab Matakuliah: Dr. Dr. Nur Hidayah, S.E., M.M. 08121868736 (Telp dan WA).

Terlampir Jadwal kuliah Sistem Casemix dan Foto-Foto di ITCC UKM Malaysia angkatan 13B dan Curriculum Vitae singkat Prof. Syed Mohamed Al-Junid dan Dr. Amrizal M Nur, M.Sc., Ph.D (Associate Profesor) sebagai pemateri utama.

Keterangan:

  • Apabila Kuota pada mata kuliah pilihan 1 sudah penuh, maka akan dialihkan pada mata kuliah pilihan ke 2, apabila kuota sudah penuh maka akan masuk pada mata kuliah pilihan ke 3. Jika kuota pilihan ke 3 juga kuota sudah penuh maka akan di alihkan ke mata kuliah pilihan ke 4. Jika kuota pilihan ke 4 juga kuota sudah penuh maka akan di alihkan ke mata kuliah pilihan ke 5.
  • Pendaftaran Online Peminatan Blok Elektif Mahasiswa Angkatan 14 A dan 14 B Berdasar Kuota penerimaan dibuka tgl 10 Januari 2018 – 12 Januari 2018
  • Hasil pengumuman berdasarkan kuota, akan di umumkan melalui website mmr pada tanggal 13 Januari 2018.
  • Informasi selanjutnya akan segera kita umumkan setelah  hasil pengumuman diterbitkan.