Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Ketua DPR-RI Marzuki Alie, Menkes Nafsiah Mboi, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Gubernur DKI Jakarta, Dirut PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Sattar Taba, dan sejumlah pejabat BUMN meresmikan Rumah Sakit Umum Pekerja PT KBN di kawasan Cakung Cilincing, Jakarta Utara yang merupakan salah satu perusahan BUMN pada 8 April 2014. Pembangunan RSU yang merupakan kerjasama antar BUMN, yakni PT KBN, PT Jamsostek, PT Askes, PT Binakarya, PT Nindya Karya, dan PT Indrakarya ini memakan waktu sekitar 1 tahun dan selesai pada 22 September 2013 .

RSU Pekerja KBN

RSU Pekerja KBN
sumber gambar: www.bumn.go.id

RSU Pekerja KBN adalah rumah sakit yang akan memberikan pelayanan kepada pekerja BUMN dan pekerja diluar BUMN dan juga untuk masyarakat umum.  “Semua pekerja termasuk karyawan BUMN yang memiliki kartu asuransi kesehatan gratis berobat, sedangkan buruh yang tidak memiliki kartu Askes tetap mendapat perawatan namun dengan biaya murah,” ujar Sattar. Dengan dibanggunnya RSU pekerja ini diharapkan layanan kesehatan bagi pekerja pada umumnya dapat terpenuhi.

RSU Pekerja KBN adalah rumah sakit setara kelas C+ yang juga seperti rumah sakit lain memiliki bebarapa pelayanan seperti pelayanan gawat darurat, pelayanan rawat inap, pelayanan rawat jalan, pelayanan penunjang medis dan pelayanan lainnya. Rumah sakit ini memiliki luas bangunan sekitar 9.000 meter persegi, terdiri atas 8 lantai, dan jumlah  tempat tidur yang tersedia 184 tempat tidur (kelas II).

Rumah sakit ini mulai dicanangkan oleh presiden SBY pada saat Hari Buruh Nasional 1 Mei 2012, seperti yang tertera pada akun twitter presiden SBY. Beliau menambahakan dalam kicauan twitter-nya, tujuan pembangunan RS Pekerja ini adalah menjadi salah satu bentuk pelayanan kesehatan bagi pekerja di wilayah Kawasan Berikat Nusantara dan Masyarakat Umum berpenghasilan menengah ke bawah. Presiden SBY berharap di tahun-tahun mendatang dapat dibangun RSU pekerja yang sama di daerah-daerah yang lain agar para pekerja yang jauh dari RSU pekerja KBN juga dapat menikmati layanan rumah sakit dengan lebih mudah. RSU pekerja merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk kaum buruh dalam bidang kesehatan, selain kebijakan lain yakni menaiikan upah agar dapat semakin layak. (WP)