presentasi oleh peserta kompetisi Abstrak & Poster Ilmiah

presentasi oleh peserta kompetisi (dr. Tri Kuncoro, MMR – Direktur RSJD Klaten) Abstrak & Poster Ilmiah di hadapan Dewan Juri

Dalam rangka menumbuhkan budaya ilmiah dan atmosfer pendidikan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan RS khususnya RS Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah, Prodi MMR UMY bekerjasama dengan KORSMA (Konsorsium RS Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah) menyelenggarakan kompetisi Call for Paper dalam acara “Seminar dan Workshop Aktivasi Code Blue RS dan Manajemen Komite Medik dan Keperawatan RS” yang berlangsung pada tanggal 28-29 Maret 2015. Kompetisi yang diselenggarakan dalam 2 kategori ini diikuti oleh mahasiswa dan alumni Prodi MMR UMY serta terbuka bagi peserta lain dari luar institusi MMR UMY. Tema yang diusung dalam kompetisi ini adalah “Issue terbaru manajemen rumah sakit dan kebijakan kesehatan nasional.”

Kategori pertama adalah kompetisi Penulisan Abstrak dan Poster Ilmiah. Pada kategori ini peserta menyiapkan abstrak berdasarkan hasil penelitian, laporan inovasi program di RS, systemic review, dan tinjauan pustaka. Abstrak yang terpilih dimuat dalam proceeding book bersama materi seminar yang disusun oleh para pemateri seminar dan workshop tersebut. Peserta yang terpilih juga mempresentasikan poster yang dipamerkan selama 2 hari acara tersebut berlangsung. Poster yang dipamerkan mendapat berbagai tanggapan menarik dari para peserta seminar dan workshop. “Hasil penelitian yang dipamerkan dalam poster ternyata tidak selamanya sesuai dengan teori yang dipelajari. Banyak hal yang menyebabkan beragamnya hasil penelitian yang didapatkan termasuk keterbatasan/ kelemahan penelitian,” demikian komentar dr. Joko Murdiyanto, Sp.An., MPH. direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta saat menyaksikan pameran poster .

Selain memamerkan poster hasil penelitian di UMY Teaching Hospital, di-display juga belasan poster proposal penelitian yang disusun oleh mahasiswa MMR UMY. Poster-poster proposal ini bertema “implementasi dan evaluasi INA-CBGs di RS” yang ditinjau dari berbagai aspek. Poster proposal yang disajikan dalam rangka menjaring kerjasama/ kolaborasi dengan RS-RS yang hadir dalam seminar & workshop diharapkan dapat bermanfaat baik bagi institusi pendidikan seperti MMR UMY dan RS dalam hal praktis maupun keilmuan, bahkan menjadi masukan bagi penyusun kebijakan pembiayaan kesehatan nasional.

Kategori kedua berupa scientific writing, di mana peserta kompetisi membuat tulisan ilmiah dalam bentuk artikel.  Puluhan artikel yang masuk dinilai oleh dewan juri dan beberapa artikel terbaik akan dimuat dalam website MMR UMY. Artikel ilmiah yang dikompetisikan mengusung tema yang sama dengan kategori pertama.

Pameran Poster Proposal Penelitian INA_CBGs

Pameran Poster Proposal Penelitian INA_CBGs

Menjelang sesi ketiga seminar hari kedua, diumumkan para juara kompetisi call for paper. Pada kategori abstrak dan poster, juara pertama diraih oleh dr. Safiqulatif Abdillah, MMR yang dalam keseharian bekerja sebagai manajer mutu dan pelayanan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dengan judul poster “Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Berbasis Sumber Daya Manusia Melalui Pendekatan Konsep Human Resource Scorecard.”  Poster ini menimbulkan daya tarik tersendiri bagi dewan juri dan penonton karena bersifat analisis dan menyusun strategi bagaiamna SDM RS seharusnya dikembangkan. Juara kedua kategori yang sama diraih oleh dr. Galuh Pradhi Paramita, MMR yang bekerja di RSJ Menur Surabaya dengan judul “Praktek Kolaborasi Dokter-Perawat terhadap Kepuasan Kerja Dokter Umum di  RSUD NGANJUK.” Topik ini juga menarik, karena dalam kenyataannya belum banyak RS dan praktisi medis yang menganggap penting kolaborasi dokter dan perawat, meskipun di sisi yang lain manfaat kolaborasi tersebut sangat banyak baik dalam hal kinerja dan kepuasan kerja maupun outcome pelayanan RS secara keseluruhan.

Pada kesempatan yang sama, M. Arif Budhi Prakoso, S.Ked. meraih juara pertama kompetisi penulisan artikel ilmiah. Adapun juara kedua diraih oleh Fatia Nur Masriati, S.Ked. Keduanya adalah mahasiswa prodi MMR UMY yang juga masih menjadi dokter muda FKIK UMY di salah satu RS di Yogyakata. (MA)