Sambutan Kaprodi MMR

Sambutan Kaprodi MMR

Jum’at, 17 Oktober 2014 bertempat di Hall Asri Medical Centre Yogyakarta digelar malam pelepasan lulusan baru MMR. Dalam periode wisuda pertama untuk tahun ajaran 2014/ 2015 ini MMR meluluskan 22 mahasiswanya dengan rata-rata IPK yang diraih oleh mahasiswa adalah 3,64 dengan rata-rata masa studi 2 tahun 6 bulan. Capaian yang baik ini patut diapresiasi salah satunya dengan menggelar acara pelepasan wisudawan tersebut.

Acara dibuka dengan sambutan perwakilan calon wisudawan, Kurnia Chandra Dewi, S.Psi., MMR. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada para dosen, pengelola, staf MMR serta pihak lain yang telah berkontribusi dalam proses belajar mengajar hingga kelulusan seluruh mahasiswa. Ilmu yang bermanfaat serta berbagai pengalaman dirasa telah banyak diraih melalui pendidikan di MMR UMY. Mahasiswa yang akrab disapa Bu Dewi ini juga didaulat menjadi wisudawan terbaik pada periode wisuda kali ini dengan IPK 3,90.

Acara selanjutnya adalah sambutan Kaprodi MMR, dr. Erwin Santosa., M.Kes. yang berkesempatan menyampaikan sedikit oleh-oleh dari pertemuan Prodi-prodi manajemen rumah sakit di Indonesia yang membahas tentang Standar Pendidikan S2 Manajemen Rumah Sakit. dr. Erwin menyampaikan bahwa, lulusan MMR harus dapat mencapai setidaknya 5 outcome, yaitu communication, hospital management & Bussiness Skill, knowledge of hospital system, leadership, dan  professionalism. Beliau juga menekankan agar lulusan MMR selalu mawas diri dengan terus memperbaharui pengetahuan dan skills tentang manajemen perumah-sakitan.

Orasi Ilmiah Dr. Susanto, MS

Orasi Ilmiah Dr. Susanto, MS

Acara yang dihibur dengan alunan music jazzy oleh Saturday Icecream, tetap menyajikan Orasi Ilmiah yang merupakan ciri khas pelepasan wisudawan MMR yang diselenggarakan setiap periode wisuda. Orasi Ilmiah kali ini disampaikan oleh Dr. Susanto, MS. Dosen yang akrab disapa Pak Santo ini menyampaikan materi berjudul “WOW Pemasaran Rumah Sakti di Era BPJS.” Materi yang disampaikan dalam durasi kurang dari 1 jam ini membuat para pendengar membuka pola piker yang lebih tepat dalam pemasaran RS. Pemasaran bukan lagi menjadikan individu sebagai sasaran, namun juga orang-orang di sekeliling individu tersebut.  Perbedaan tanggapan/ kesan customer dalam proses pembelian jasa pelayanan RS hanya satu penyebabnya: konektivitas dengan teman dan keluarganya. Dulu customer memutuskan sendiri secara independen pelayanan yang mereka pilih. Sekarang customer memutuskan bersama-sama denga komunitasnya (teman dan keluarga). Boleh dibilang, customer membentengi diri dengan komunitasnya. Mereka takut kecewa. Materi Orasi Ilmiah dapat dibaca lebih lanjut MARKETING ERA BPJS.

Secara simbolis dr. Ekorini Listiowati, MMR menyematkan menyematkan pin Alumni MMR kepada perwakilan wisudawan sebagai tanda bahwa lulusan telah diterima bergabung dalam HAMMERS (Himpunan Mahasiswa dan Alumni Manajemen Rumah Sakit) UMY. Dalam acara pelepasan ini juga diberikan penghargaan kepada lulusan terbaik, tercepat, dan termuda.

Foto Bersama Pengelola MMR dan Lulusan

Foto Bersama Pengelola MMR dan Lulusan

Sebagai ucapan terimakasih wisudawan juga menyerahkan kenang-kenangan berupa buku secara simbolis kepada Kaprodi MMR. Selanjutnya buku-buku ini akan diserahkan ke perpustakaan UMY di mana seluruh mahasiswa MMR dapat mengakses sebagai referensi dalam pembelajaran maupun pembuatan tesis.

Acara akhirnya ditutup dengan untaian syukur dan doa bersama oleh Dr. Susanto, MS. (MA)

Sharing is caring!