Prodi Manajemen Rumah Sakit Program Pascasarjana UMY dalam semester genap tahun ajaran 2014/ 2015 menyelenggarakan 4 mata kuliah pilihan/ elektif.  Mata kuliah tersebut meliputi Hospital Engineering, Manajemen Bencana, Manajemen Akreditasi Program Khusus dan Short Course International Hospital Management di Apollon University.

Mata kuliah elektif diselenggarakan secara serentak sejaktanggal 13 April 2015 hingga 2 Mei 2015. Sebelum pelaksanaan mata kuliah elektif, mahasiswa MMR angkatan 10 yang terdiri dari 3 kelas memilih mata kuliah yang akan diikuti melalui fasilitas website mmr.umy.ac.id. Berdasarkan, pilihan mahasiswa terselenggara 3 mata kuliah pilihan Hospital Engineering, Manajemen Bencana, dan Manajemen Akreditasi Program Khusus.

Hospital Engineering berisi serangkaian materi tentang dasar-dasar engineering di rumah sakit, perencanaan fisik dan desain rumah sakit, civil engineering, teknik kelistrikan dan mesin, pengembangan sistem informasi di RS, teknik biomedik, konservasi energi, serta clinical engineering. Pemateri terdiri dari berbagai pakar yang berasal dari UMY maupun luar UMY yang sangat ahli di bidangnya. Mata kuliah ini diselenggarakan dengan tujuan mahasiswa dapat memiliki bekal untuk merencanakan dan menjalankan rumah sakit dengan sumber daya yang efektif dan efisien melalui pendekatan IPTEK tepat guna.

Mata kuliah manajemen Manajemen Bencana diselenggarakan dengan mengingat kondisi negara Indonesia yang mana sebagian besarnya merupakan wilayah rawan bencana. Kondisi ini menuntut RS memberikan peran yang optimal pada saat terjadinya bencana. Oleh karena hal tersebut, dalam mata kuliah elektif ini diberikan materi mengenai dasar-dasar bencana (epidemiologi, tipe, dan risiko), hospital disaster planning, konsep operasional IGD, Blue Code, triase, hospital evacuation, serta manajemen sumber daya dan public relation terkait bencana. Pembelajaran diberikan dalam bentuk kuliah umum, skill lab, dan tutorial. Beberapa pakar yang memberikan materi adalah tim HCPRED MPKU PP Muhammadiyah.

Mata kuliah Manajemen Akreditasi Program Khusus diselenggarakan sebagai pendalaman materi akreditasi RS yang telah dibahas dalam berbagai mata kuliah yang tersebar di Prodi MMR. Sebagaimana Akreditasi Program Khusus yang diselenggarakan oleh KARS, mata kuliah ini juga berisi tentang 4 standar dasar yang harus dipenuhi RS dalam program tersebut. Topik tersebut meliputi HPK (Hak Pasien dan Keluarga), SKP (Sasaran Pasien dan Keselamatan), PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), serta KPS (Kualifikasi dan Pendidikan Staf). Materi diberikan dalam bentuk kuliah umum dengan perluasan pengenalan berbagai dokumen yang dipersiapkan dalam akreditasi, serta kasus riil keberhasilan maupun kegagalan RS dalam menempuh akreditasi RS. Mata kuliah ini terselenggara dengan dukungan MPKU PP Muhammadiyah yang sebelumnya telah banyak berhasil mengadakan berbagai pelatihan dan pendampingan akreditasi RS di banyak RS Muhammadiyah/’Aisyiyah.

Dengan dislenggarakannya mata kuliah pilihan, diharapkan atmosfer akademik Prodi MMR UMY makin baik serta mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan minat dan bakatnya. Mata kuliah pilihan juga merupakan salah satu standar yang harus dipenuhi setiap prodi dalam akreditasi BAN-PT. (MA)

Sharing is caring!