Milad UMY ke-33

Milad UMY ke-33

(08/03/2014) Dalam rangkaian acara milad ke-33 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelanggarakan sebuah seminar nasional yang menarik untuk dikaji. Tema yang diambil menunjukan bahwa UMY sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Indonesia, peduli terhadap kebijakan di bidang kesehatan dan implementasinya bagi kesejahteraan masyarakat. Seminar ini diselenggrakan dengan mengingat pula bahwa amal usaha Muhammadiyah yang bergerak di bidang kesehatan telah tersebar di seluruh Indonesia dalam kuantitas yang tidak sedikit.

Seminar ini dibuka oleh wakil Rektor 1 UMY, Dr. Gunawan Budiarto M.P. selaku. Beliau menyampaikan bahwa “UMY akan mendukung dan mengawasi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah seperti BPJS selama kebijakan tersebut meningkatkan kesejahteraan rakyat.“

Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Ali Gufron Mukti, M.Sc.,Ph.D turut hadir sebagai keynote speaker dalam seminar ini. Wamenkes menuturkan “Saya sangat senang diundang oleh UMY untuk membahas BPJS dalam perspektif yuridis dan medis agar tercipta suatu usulan sistematis guna mengatasi kesenjangan yang terjadi antara hal yuridis dan medis dalam hal BPJS.” Hal tersebut disampaikan mengingat BPJS yang baru dilaksanakan mulai awal tahun 2014 masih membutuhkan banyak perbaikan, sehingga diperlukan masukan baik dari akademisi maupun praktisi kesehatan dan hukum.

ASRI MEDICAL CENTER

ASRI MEDICAL CENTER

Sesi ilmiah dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 12.30 WIB. Materi pertama dipaparkan oleh dr. Slamet Budiarto, SH,.MH yang merupakan mantan Sekertaris Jendral Ikatan Dokter Indonesia dan dilanjutkan dengan presentasi oleh Dr. Sulistyowati, SH., M.Hum. yang merupakan akademisi Fakultas Hukum UGM.

Seminar yang diselenggarakan di convention hall Asri Medical Center ini dilanjutkan dengan  diskusi yang menarik, yang akhirnya disimpulkan bahwa diperlukan sebuah tim dari persatuan RS di bawah Muhammadiyah agar dengan telah ditetapkannya BPJS, pelayanan RS terutama RS Swasta seperti RS di bawah yayasan Muhammadiyah tetap dapat terlaksana dengan baik. Bersambung. (WP)

Sharing is caring!