Dr. Elsye Maria Rosa, SKM., M.Kep. memberikan sambutan dan orasi ilmiah

Dr. Elsye Maria Rosa, SKM., M.Kep. memberikan sambutan dan orasi ilmiah

Program pascasarjana Manajemen Rumah Sakit UMY mengadakan acara pelepasan calon wisudawan/ wisudawati periode wisuda Juni 2014. Acara yang diadakan pada 11 Juni 2014 ini bertempat di Hotel Ibis Yogyakarta dan dihadiri oleh para wisudawan/ ti beserta keluarga, dosen pengajar dan staf program pascasarjana MMR UMY. Sejumlah 41 orang lulusan ini diwisuda keesokan harinya. 

Acara pelepasan pelepasan lulusan ini dibuka oleh Dr. Elsye Maria Rosa, SKM., M.Kep. Dalam sambutannya, Sekretaris Prodi MMR UMY ini berharap para lulusan akan mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di manapun kelak bekerja, sehingga manajemen pelayanan kesehatan khususnya Rumah Sakit di Indonesia akan menjadi lebih baik ke depannya.

Memasuki acara selanjutnya, Pidato Perpisahan disampaikan oleh lulusan terbaik (dr. Tri Kuncoro, MMR). Dokter yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Direktur RSJD Klaten ini mengucapkan terimakasih kepada para dosen, pengelola, staf, sera rekan-rekan seperjuangannya di MMR.

Pidato Perpisahan oleh dr. Tri Kuncoro, MMR.

Pidato Perpisahan oleh dr. Tri Kuncoro, MMR.

Dalam acara tersebut, Dr. Elsye Maria Rosa, SKM., M.Kep juga menyampaikan Orasi Ilmiah dengan mengambil tema “Burnout pada Tenaga Kesehatan Di Rumah Sakit.” Beliau menyampaikan bahwa burnout merupakan sindrom psikologis yang terdiri atas tiga dimensi, yaitu kelelahan emosional, depersonalisasi, dan reduced personal accomplishment atau penurunan pencapaian diri individu. Dijelaskam pula, menurut Alan Rosenstein dalam survei nasional di Amerika pada lebih dari 2.000 dokter multispesialis pada akhir 2011, didapatkan bahwa 87 persennya merasa sangat stres dan burnout setiap harinya, dan hampir 63 persen mengaku merasa lebih stres dan burnout saat sekarang daripada 3 tahun yang lalu.

Penyematan Pin Alumni oleh Dr. Firman Pribadi, M.Si.

Penyematan Pin Alumni oleh Dr. Firman Pribadi, M.Si.

Masalah burnout sangat kurang mendapat perhatian dari pihak manajer dan pimpinan rumah sakit. Sedangkan dampaknya sangat fatal bagi rumah sakit, mulai dari masalah patient safety sampai pada buruknya kualitas pelayanan rumah sakit secara keseluruhan. Sehingga, pada kesimpulan orasi ilmiah tersebut disampaikan bahwa pihak manajer rumah sakit perlu memperhatikan lebih jauh masalah burnout yang dialami oleh tenaga kesehatan rumah sakit. Pemecahan masalah dimulai dari level individu untuk mengatasi masalah kelelahan emosi (emotional exhaustion), sedangkan pada level organisasi RS perlu dilakukan upaya perubahan sistem dan budaya kerja.

Setelah Orasi Ilmiah, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan terhadap lulusan terbaik yaitu dr. Tri Kuncoro, MMR; lulusan tercepat yaitu Muhammad Fauzi, S.Kep.,Ns., MMR; dan juga lulusan termuda yaitu Ira Wahyuni, S.Kep., MMR. Pada kesempatan kali ini, para lulusan telah resmi menjadi alumni MMR UMY dan ditandai dengan penyematan Pin Alumni oleh Dr. Firman Pribadi, M.Si. selaku Bidang Kerjasama dan Alumni kepada perwakilan wisudawan Drs. Juli Santoso, Apt., MMR yang juga menjabat sebagai ketua Panitia Malam Pelepasan.

Di akhir acara, Kaprodi MMR UMY mengucapkan selamat kepada para lulusan yang telah menyelesaikan pendidikannya dan berharap lulusan program pascasarjana MMR UMY dapat menajadi manjer yang menjadi penggerak ke arah perbaikan pada rumah sakitnya masing-masing dan dapat bersaing dengan lulusan lainnya, dan bahkan dapat menjadi yang terbaik di Indonesia dan bahkan di mancanegara. (WP)

Suasana Keakraban di Malam Pelepasan

Suasana Keakraban di Malam Pelepasan

Sharing is caring!