Interview Calon Mahasiswa MMR UMY

Interview Calon Mahasiswa MMR UMY

Terhitung sejak hari Jum’at, 5 September 2014 MMR UMY menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru selama 2 hari. Sejumlah 57 mahasiswa dari 70 pendaftar langsung maupun on-line via website hadir mengikuti serangkaian tes yang diselenggarakan. Tes Potensi Akademik dan Psikotest diselenggarakan dengan sistem CBT guna menyaring mahasiswa dengan potensi akademik dan karakteristik yang sesuai dengan Program Pascasarjana MMR UMY. Selanjutnya, guna mengetahui motivasi calon mahasiswa serta mengggali hal-hal khusus di antaranya terkait latar belakang pengetahuan mahasiswa dalam bidang manajemen per-rumah sakit-an, diselenggarakan interview oleh dosen/ pengelola Program Studi.

Calon mahasiswa baru kali ini berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan telah bekerja pada berbagai Rumah Sakit dari seluruh Indonesia. Berbeda dengan mahasiswa reguler paruh waktu angkatan X yang telah memulai perkuliahan sejak Agustus 2014, calon mahasiswa yang lolos seleksi akan menempati kelas reguler penuh waktu atau disebut juga kelas akhir pekan (Jum’at dan Sabtu) yang akan memulai perkuliahan pada bulan Oktober 2014.

Kelas penuh waktu diselenggarakan bagi mahasiswa yang umumnya telah bekerja dan hanya memiliki waktu di akhir pekan. Adapun bagi kelas paruh waktu, kuliah dilaksanakan setiap hari pada pukul 19.00-21.30 dan diprioritaskan bagi lulusan S1 Pendidikan Dokter/ Pendidikan Dokter Gigi/ Ilmu Keperawatan yang menempuh program profesi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY serta tidak menutup kemungkinan mahasiswa lain di luar program tersebut. Dengan dua kelas yang berbeda, MMR UMY mengakomodasi fresh-graduate lulusan program kesehatan sehingga bersamaan dengan selesainya program profesi masing-masing akan dihasilkan dokter/ dokter gigi/ Nurse dsb. yang juga memiliki kompetensi di bidang manajemen rumah sakit di samping para eksekutif yang sebelumnya telah bekerja dan memiliki pengalaman yang menempuh pendidikan di kelas penuh waktu. Ke depan, MMR UMY diharapkan mencetak lebih banyak kader-kader dalam bidang pelayanan kesehatan yang bekerja dengan profesional-Islami sebagaimana nilai-nilai luhur yang diajarkan dalam  Muhammadiyah. (MA)