Ada pemandangan yang menarik pada hari Sabtu (5/4/2014) jam 16.00 di ruang kuliah MMR. Mahasiswa tampak ramai memasang gambar-gambar berwarna-warni pada papan sterofoam dengan berbagai hiasan. Beberapa saat kemudian, beberapa dosen pun nampak serius mencermati dan sebagian mendengarkan mahasiwa yang dengan antusias mempresentasikan posternya. Suasana diskusi nampak hidup antar dosen dengan beberapa mahasiswa yang direview posternya.

Tujuan Pameran Poster BAB I MMR UMY

Tujuan Pameran Poster BAB I MMR UMY

Dalam rangka pelaksanaan mata kuliah Metodologi Penelitian Semester 2 tahun ajaran 2013, MMR UMY telah menyelenggarakan pameran poster BAB I. Kegiatan dimulai dari persiapan penempatan letak poster sesuai dengan kelompok tema tesis, para mahasiswa dikelompokkan menjadi beberapa grup sesuai dengan kesamaan pembimbing penelitian. Hal ini ditujukan agar antar mahasiswa dan pembimbing dapat saling berinteraksi untuk bertukar pendapat.

Poster yang dipamerkan oleh sekitar 40 mahasiswa kelas 9B reguler hanya menuangkan BAB 1 yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian. “Kami mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi jembatan untuk memacu mahasiswa dalam pembuatan proposal yang selalu dirasakan sulit, terutama saat akan memulai penulisan” ujar Dr.Elsye Maria Rosa, SKM, M.Kep selaku Kepala Pengembangan Kurikulum Bidang Akademik

Review Dosen pada Pameran Poster Bab I mahasiswa MMR UMY

Review Dosen pada Pameran Poster Bab I mahasiswa MMR UMY

Dr. Elsye memaparkan bahwa pola perkuliahan yang dibuat dengan modifikasi yaitu kuliah tatap muka pada semester 2 dan dilanjutkan dengan pembuatan proposal  merupakan bagian dari program penyelesaian tesis secara terstruktur serta terintegrasi dalam mata kuliah Metodologi Penelitian. Diharapkan mahasiswa dapat seminar proposal lebih cepat yaitu pada masa perkuliahan di Semester 3. Harapan lain yang juga disampaikan oleh Sekretaris Prodi MMR adalah agar mahasiswa MMR yang saat ini masih menjalani ko-assisten dan nantinya dapat mempercepat penyelesaian tesisnya mengingat mahasiswa juga akan menempuh Program Internship Dokter Indonesia (PIDI).

Selama presentasi mahasiswa wajib memaparkan alasan kuat dilakukannya penelitian dan perkiraan dapat atau tidaknya penelitian dilakukan yang kemudian mendapatkan feecback dari reviewer. “Sebagai mahasiswa melalui pameran poster ini, kami lebih memiliki kesiapan dalam pembuatan tesis sehingga sudah memiliki gambaran pelaksanaan penelitian nantinya. Namun, kesulitan juga dirasakan oleh mahasiwa yaitu  karena keterbatasan waktu dan dosen pembimbing yang tidak dapat hadir sehingga terdapat beberapa reviewer yang masih diwakilkan sehingga menjadi belum tuntas dan mahasiswa harus memaparkan kembali kepada dosen pembimbing di lain waktu, ” ungkap Waskito, S.Ked. yang merupakan mahasiswa reguler 9B yang juga sedang menyelesaikan tugas profesi untuk meraih gelar dokter.

Mahasiswa MMR sedang mempresentasikan posternya

Mahasiswa MMR Sedang Mempresentasikan Posternya

“Kendala yang sangat berarti dalam pelaksanaan pameran poster ini adalah kesiapan mahasiswa untuk pameran poster, karena mahasiwa harus menetukan topik penelitian sesuai dengan tema pilihan masing-masing sehingga dalam pelaksanaan seringkali  mundur dan akhirnya dilakukan  pada pertengahan maupun akhir perkuliahan Metodologi Penelitian. Tetapi kondisi ini akan terus kita perbaiki, sehingga mahasiswa merasakan manfaat dari kegiatan Pameran Poster ini,” ungkap Dr. Elsye yang merupakan Tim Pengajar sejak berdirinya MMR UMY.

Dalam pembuatan Poster Bab I tersebut, mahasiwa merasa dituntut untuk dapat mempresentasikan karya ilmiah yang bernilai seni. “Mahasiswa cenderung lebih mempersiapkan design poster yang apik selain isi kandungan yang disampaikan dalam poster,” papar Rifki Albana, S.Ked. yang merupakan salah satu peserta persentasi poster tesis.

“Pameran poster yang dilakukan dari tahun ke tahun sampai sejauh ini memperlihatkan respon yang positif dan antusias. Mahasiswa dalam menentukan topik penelitian semakin bervariasi tiap tahunnya terutama dalam pemilihan jurnal-jurnal sebagai dasar penentuan topik penelitian.  Kegiatan ini tidak berhenti disitu saja, diharapkan mahasiswa dapat ikut serta dalam perlombaan poster perumah-sakitan secara nasional yang diadakan rutin oleh PERSI setiap tahunnya,” papar oleh Dr. Elsye yang merupakan penangung jawab program pameran poster dan tesis. (EV)

 

 

 

Sharing is caring!