Penyusunan KPT Prodi MMR UMY

22/05/2015 oleh : mmr
Penyusunan KPT Prodi MMR UMY

Penyusunan KPT Prodi MMR UMY

Berbagai upaya peningkatan kualitas kurikulum pendidikan tinggi telah mengalami beberapa tahap pengembangan. Setelah sebelumnya penyelenggara pendidikan tinggi disibukkan dengan KBK (kurikulum Berbasis Kompetensi), kini dikenal kurikulum pendidikan tinggi dengan istilah KPT (Kurikulum Pendidikan Tinggi). Penamaan KPT dipilih dan diusulkan oleh Tim Kurikulum Direktorat Pembelajaran dan telah disosialisasikan ke sebagian besar perguruan tinggi melalui koordinasi Kopertis seluruh wilayah yang ada di Indonesia. KPT adalah bentuk kurikulum yang sesuai dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Perbedaan utama dari KPT terhadap KBK yang terdahulu adalah pada keterukuran pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) atau Capaian Pembelajaran (CP) oleh suatu program studi menggunakan deskriptor KKNI.

Dengan diterbitkannya KKNI dalam Peraturan Presiden no.8 tahun 2012, maka penyelenggara pendidikan tinggi sebagaimana Prodi MMR UMY didorong untuk menyesuaikan dan mengembangkan diri sebagaimana ketentuan di dalamnya. KKNI menuntut program studi magister (S2) untuk membentuk lulusannya mencapai kualifikasi 8 dari 9 kualifikasi tertinggi.

Penyusunan KPT pada Prodi MMR UMY mencakup 4 tahap sebagai berikut:

  1. Menentukan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran (CP)
  2. Memilih dan merangkai Bahan Kajian
  3. Menyusun Mata Kuliah, Struktur Kurikulum, dan menentukan SKS
  4. Menyusun Rencana Pembelajaran

Dengan disusunnya kurikulum Prodi MMR UMY, diharapkan akan dicetak lulusan yang memiliki kualifikasi kompetensi yang diakui dan sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja dan kemajuan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni). Dalam penyusunan KPT yang diselenggarakan pada tanggal 20-21 Mei 2015 di Hotel Eastparc Yogyakarta dan telah sebelumnya dilaksanakan secara bertahap ini disepakati basis ilmu penciri Prodi MMR UMY yaitu bidang Hospital Performance di mana Patient Safety merupakan bagian ilmu yang terdiri dari berbagai bahan kajian seperti mutu, manajemen klinik, manajemen risiko, manajemen keperawatan, akreditasi RS, dan perilaku organisasi. (MA)

Sharing is caring!