RS PKU Muhamamdiyah Bantul adalah salah satu amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan (AUMKES) yang telah berdiri sejak tahun 1966 dan terus bertumbuh kembang. Berawal dari sebuah Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin (BP/RB) yang kemudian pada 21 Agustus 1995 resmi menjadi RS Khusus Ibu dan Anak. RS ini kemudian menjadi Rumah Sakit Umum tipe C dengan jumlah tempat tidur (TT) sebanyak 104, pada tahun 2001.

pku_muhammadiyah_bantul

Dengan pengalaman yang sudah cukup lama, RS PKU Muhammadiyah Bantul memutuskan “SIAP” menjadi sister hospital bagi AUMKES satelit yang berada di Kabupaten Bantul. Sister hospital di sini berarti bahwa RS melakukan pendampingan dalam mengatur dan mengawasi manajemen AUMKES satelit di kabupaten Bantul, yaitu Klinik PKU Muhammadiyah Srandakan, Klinik PKU Muhamamdiyah Bambanglipuro dan Klinik PKU Muhammadiyah Parangtritis. Hal ini disampaikan oleh Budi Santosa, M.Psi. selaku Wakil Direktur SDM, Bina Dakwah, dan Citra RS PKU Muhammadiyah Bantul.

Menurut Budi Santosa, program ini dimulai pada tahun 2008. Pada saat itu, AUMKES satelit RS PKU Muhammadiyah Bantul tidak berjalan secara maksimal, baik dari segi manajemen ataupun dari segi pelayanan. Dengan kebijakan dan dukungan MPKU Pusat, RS PKU Muhammadiyah Bantul mulai ikut membantu dalam menjalankan tiga AUMKES satelit tersebut. Bantuan ini ditekankan pada pendampingan dalam melakukan pengawasan dan ikut serta dalam manajemen rumah sakit satelit, dengan melakukan pertemuan 3 bulan sekali antara manajemen pelaksana rumah sakit satelit dengan manajemen RS PKU Muhammadiyah Bnatul untuk membahas kemajuan dan juga hambatan yang ada sehingga dapat diperoleh solusi terbaik.

Setelah berjalan enam tahun, hasil yang didapat cukup baik. Budi santosa memaparkan bahwa, tiga AUMKES satelit RS PKU Muhammadiyah Bantul tersebut dapat berjalan dengan baik dalam proses manajemen maupun pelayanan. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya kunjungan masyarakat ke tiga klinik tersebut. Bahkan, salah satu satelit tersebut, yaitu Klinik PKU Muhammadiyah Srandakan telah bekerja sama dengan BPJS dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal ini diharapkan menjadi motivasi, agar nantinya AUMKES satelit tersebut dapat menjalankan manejemennya dan pelayanan kesehatan sendiri, tanpa pendampingan dari RS PKU Muhammadiyah Bantul. Menjadi sister hospital  bagi RS PKU Muhammadiyah Bantul sendiri adalah hal yang sesuai dengan semangat dakwah Muhammadiyah yaitu tolong menolong dalam hal kebaikan dan ketaqwaan (QS. Al Maidah 5: 2).

Sharing is caring!