Tiga Tungku Sejarangan Pelayanan Kesehatan

Tiga Tungku Sejarangan Pelayanan Kesehatan

Disampaikan dalam rangkaian acara Seminar dan Workshop BPJS Rumah Sakit dan Klinik Muhammadiyah pada tanggal 25-26 Oktober 2014, dr. Dirwan Suryo Soularto, Sp.F. seperti membawa angin sejuk. Betapa tidak, biaya kuliah di Fakultas Kedokteran yang kini terbilang mahal dan cukup terbatas keterjangkauannya oleh pelajar berprestasi yang tidak mampu pada saat ini telah terbuka kesempatan beasiswa di Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FK PTM).

Program yang merupakan bentuk sinergi kebersamaan antara PTM dengan fasilitas pelayanan kesehatan Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah ini pada dasarnya merupakan upaya memperkuat amal usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan (AUMKES). Sebagaimana diketahui bahwa 700-800 dokter diluluskan oleh FK PTM dari keseluruhan 9.000-10.000 lulusan kedokteran FK negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Angka yang tidak sedikit ini seharusnya dapat dikelola dengan baik pada klinik dan rumah sakit Muhammadiyah/ ’Aisyiyah khususnya yang berada di pelosok daerah agar dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal.

Rendahnya keterserapan dokter lulusan FK PTM di AUMKES mendorong Muhammadiyah untuk melakukan berbagai langkah strategis. FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta misalnya, program penguatan AUMKES melalui distribusi dan pemberian insentif kepada alumni yang bekerja pada AUMKES binaan yang dimulai pada tahun 2010 dirasa belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Program ini kemudian ditingkatkan dengan pemberian beasiswa pendidikan profesi dokter (koass) bagi dokter yang bersedia mengabdi di AUMKES selama 1n. Kini, program beasiswa penuh syarat dan kewajiban yang ditentukan telah disiapkan bagi dokter kader Muhammdiyah yang bersedia mengabdi di AUMKES selama 3n. Program ini melibatkan AUMKES satelit dan pembina (sister hospital), serta pimpinan Muhammadiyah di berbagai tingkat dan ortom. Dengan program ini diharapkan AUMKES memiliki tenaga medis profesional yang berdedikasi tinggi berjuang di jalan dakwah melalui pelayanan kesehatan yang bermutu. Program ini juga membantu AUMKES menjawab tantangan dan peluang di era BPJS di mana persaingan antar fasyankes makin kompetitif.

Presentasi selengkapnya dapat di lihat di sini Program Beasiswa 2014_10 25 .

(MA)

Sharing is caring!