RS Muhammadiyah Lamongan

RS Muhammadiyah Lamongan

Dalam rangka meningkatkan mutu, RS Muhammadiyah Lamongan telah mengikuti akreditasi rumah sakit terbaru yaitu akreditasi KARS versi 2012 yang mengacu pada Joint Comitee International. Proses panjang telah dilakukan oleh segenap jajaran manajemen dan staf dalam waktu yang tidak sedikit. Tidak pelak, capaian penghargaan sesuai yang diharapkan pun akhirnya dapat diraih dalam Survey Akreditasi oleh KARS pada tanggal 12- 14 Mei 2014. Prestasi ini menambah deretan panjang RS amal usaha Muhammadiyah yang telah mencapai status akreditasi tertringgi, yaitu Paripurna KARS versi 2012. Hal ini disampaikan oleh direktur utama RS PKU Muhammadiyah Lamongan dr. Erwin Santosa Sp. A, M.Kes. yang juga merupakan berita baik di akhir masa jabatannya sebagai direktur utama.

Survey Akreditasi RS Muhammadiyah Lamongan

Survey Akreditasi RS Muhammadiyah Lamongan

dr. Erwin Santosa Sp. A, M.Kes menyampaikan bahwa setelah persiapan yang cukup panjang yaitu selama 2 tahun, RS Muhammadiyah Lamongan dapat mencapai target yang diharapkan, yaitu mendapatkan akreditasi paripurna. Persiapan yang dilakukan untuk menghadapi akreditasi rumah sakit  dimulai dengan mengadakan workshop dan pelatihan-pelatihan kepada seluruh pegawai RS Muhammadiyah Lamongan.  Hal ini dilakukan dalam rangka membangun budaya mutu dan melakukan dokumentasi yang tepat untuk setiap standar yang ditentukan. Selain workshop dan pelatihan-pelatihan yang rutin dilakukan, untuk menambah kesiapan dalam menghadapi akreditasi oleh KARS, RS Muhammadiyah Lamongan juga melakukan benchmarking dengan Royal Progress Hospital.  Setelah kegiatan ini dirasa cukup, dilanjutkan bimbingan oleh KARS, dan simulasi akreditasi yang dilanjutkan dengan penilaian akhir oleh surveyor KARS.

Pelayanan di RS Muhammadiyah Lamongan

Pelayanan di RS Muhammadiyah Lamongan

dr. Erwin mengaku bangga bangga kepada seluruh SDM RS Muhammadiyah Lamongan yang telah berjuang bersama-sama untuk mencapai hal tersebut. Beliau juga mengharapkan setelah RS Muhammadiyah Lamongan mendapatkan status Akreditasi Paripurna, dapat menjadi penggerak rumah sakit lain untuk juga mengikuti akreditasi KARS versi 2012 terutama rumah sakit yang merupakan amal usaha Muhammadiyah untuk semakin meningkatkan mutu rumah sakit. (WP)