Acara Pembukaan (kiri-kanan): BPH RS PKU Muh. Surakarta, Direktur RS PKU Muh Surakarta, Wakil ketua MPKU PP Muh

Acara Pembukaan (kiri-kanan): BPH RS PKU Muh. Surakarta, Direktur RS PKU Muh Surakarta, Wakil ketua MPKU PP Muh

Bertempat di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Surakarta diselenggarakan acara Workshop Pendampingan Pra-Akreditasi KARS untuk  RS Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah. Acara yang dimotori oleh Majelis Pembina Kesehatan Umat (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini sukses diselenggarakan dengan dihadiri puluhan delegasi dari berbagai rumah sakit AUMKES se-Indonesia. Tercatat delegasi terjauh datang dari RS PKU Muhammadiyah Bima, Nusa Tenggara Barat.

Acara serupa yang merupakan rangkaian roadshow Akreditasi RS Versi KARS 2012 oleh MPKU PP Muhammadiyah ini sebelumnya telah sukses diselenggarakan di RS Muhammadiyah Lamongan dalam bentuk pendampingan pra-akreditasi pada September 2014 dan di RS PKU Muhamamdiyah Pekajangan dalam bentuk sosialisasi akreditasi pada Oktober 2014. Setelah acara di Surakarta selesai, MPKU PP Muhammadiyah masih melanjutkan kegiatan sosialisasi serupa di RS PKU Muhammadiyah Kendal pada tanggal 1-2 Desember 2014.

Rangkaian acara ini diselenggarakan guna membantu percepatan proses akreditasi versi KARS 2012 di RS-RS AUMKES, mengingat Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah merupakan penyumbang terbanyak rumah sakit swasta di Indonesia. Tercatat, dari 2.397 RS di seluruh Indonesia baru sekitas 61 RS saja yang telah terakreditasi oleh KARS berdasarkan standar akreditasi KARS terbaru. Akreditasi RS merupakan salah satu upaya peningkatan dan penjaminan mutu dengan isu utama patient safety, di samping merupakan salah satu syarat penyelenggaraan kesehatan dengan bekerjasama dengan BPJS yang ditargetkan telah dapat terpenuhi pada tahun 2015.

Presentasi per-BAB Akreditasi

Presentasi per-BAB Akreditasi

Dalam acara ini, disampaikan overview 3 pokja (kelompok kerja) dalam area manajemen, medis, serta keperawatan yang sebelumnya diawali dengan pemaparan pengalaman RS PKU Muhammadiyah Surakarta terkait hambatan dan strategi yang ditempuh dalam proses akreditasi oleh direktur (dr. Mardiatmo, Sp. Rad.). Pada hari pertama acara ini diselenggarakan, dijelaskan bagaimana anggaran dan strategi keuangan RS dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan akreditasi serta bagaimana RS mempersiapkan akreditasi day to day . Pada hari kedua (28/11/2014) dipaparkan lebih detail mengenai setiap BAB dalam akreditasi RS beserta elemn penilaian terkait. Hari terakhir, peserta didampingi oleh penanggungjawab tiap bab melakukan telusur akreditasi dengan melihat lebih dekat dokumen maupun implementasi akreditasi dalam penyelenggaraan pelayanan RS. Pada hari terakhir ini, turut ditegaskan mengenai pentingnya menyusun metode telusur baik sistem maupun individu guna memastikan setiap elemen penilaian telah diterapkan secara optimal oleh setiap jajaran RS.

Kegiatan Telusur Akreditasi di unit pelayanan RS PKU Muh Surakarta

Kegiatan Telusur Akreditasi di unit pelayanan RS PKU Muh Surakarta

Di akhir acara, dalam exit conference dr.Erwin Santosa, Sp.A., M.Kes.-wakil ketua MPKU PP Muhammadiyah sekaligus Kaprodi MMR UMY menyampaikan beberapa tindak lanjut kegiatan yang telah diselenggarakan dalam 3 hari tersebut. Follow up tersebut perlu dilakukan agar manfaat kegiatan serta percepatan proses akreditasi di RS AUMKES dapat segera terealisasi. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi inventarisasi nama-nama ketua pokja serta penanggung jawab BAB akreditasi pada setiap RS AUMKES yang telah Lulus PARIPURNA dalam akreditasi KARS versi 2012, serta meningkatkan kerja sama RS dalam hal pendampingan RS yang belum terakreditasi oleh nama-nama yang telah terinventasrisasi tersebut. Selanjutnya, teknis kerjasama diserahkan kepada masing-masing RS. Dalam kesempatan yang sama, tindak lanjut lain yang sampaikan adalah mengajak RS PKU Muhammadiyah Surakarta turut menjadi wahana field site teaching bagi mahasiswa MMR UMY untuk dapat belajar dan melihat langsung persiapan dan implementasi akreditasi di RS yang telah Lulus PARIPURNA. (MA)