Kementerian Kesehatan menetapkan KARS sebagai badan akreditasi nasional independen dalam kaitannya dengan ketentuan UU no 40 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Undang-undang ini menegaskan bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, Rumah Sakit wajib melakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.

Kini, telah diterapkan sistem akreditasi RS versi 2012 yang mengacu pada akreditasi Joint Comitee International (JCI) yang berfokus dengan pelayanan pasien untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit serta keselamatan pasien. Dengan latar belakang inilah, RS PKU Muhamamdiyah Yogyakarta akan mengikuti akreditasi rumah sakit dengan sistem akreditasi  KARS versi 2012.

dr. Safiqullatif Abdillah, MMR - Ketua Tim Akreditasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

dr. Safiqullatif Abdillah, MMR – Ketua Tim Akreditasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Ketua Tim Akreditasi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, dr. Safiqulatif Abdillah, MMR menyampaikan bahwa saat ini RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sedang dalam persiapan awal dalam menghadapi akreditasi rumah sakit KARS 2012. Persiapan yang dilakukan sampai saat ini berada dalam tahap memahami elemen-elemen yang harus dipenuhi dalam akreditasi KARS 2012, yang terdiri dari 15 bab sasaran. Untuk itu, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta kini giat melakukan berbagai workshop yang ditujukan untuk para pegawai, mengingat dalam akreditasi KARS 2012 yang harus terlibat dan menrapkan seluruh standar tidak hanya direktur dan para manajer namun juga seluruh pegwai yang berada di rumah sakit.

Selanjutnya, dokter umum yang juga lulusan MMR UMY ini menjelaskan bahwa RS-nya akan mengikuti akreditasi KARS 2012 pada akhir tahun 2014 atau awal tahun 2015. Oleh karena itu, berbagai tahapan yang akan dilakukan RS PKU Muhamamdiyah Yogyakarta selanjutnya adalah melakukan assessment internal yang ditujukan untuk seluruh pegawai yang berada di lingkungan rumah sakit. Setelah hasil assessment internal yang dilakukan dinyatakan sudah memenuhi standar akreditasi KARS 2012, maka RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta akan mengikuti akreditasi yang sesungguhnya dengan mengundang surveyor KARS.

Diharapkan melalui persiapan dengan jangka waktu yang panjang dan matang, nantinya RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta akan dapat lulus akreditasi KARS 2012 dengan mendapatkan tingkat akreditasi tertinggi yakni akreditasi paripurna yang berarti berdasarkan 15 bab sasaran dalam akredirasi KARS 2012 digolongkan dalam tingkat mayor. Dengan cara demikian, diharapkan pula tujuan akhir yang ingin dicapai yaitu  patient safety sebagai tujuan dari akreditasi KARS 2012 akan dapat dicapai dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pasien akan semakin baik. (WP)

Sharing is caring!