dr. Djoni Dharmadjaja, Sp.B., MARS, FInaCS, FICS

penyampaian materi oleh dr. Djoni Dharmadjaja, Sp.B., MARS, FInaCS, FICS. (Surveyor KARS)

Prodi Manajemen Rumah Sakit (MMR) Program Pascasajana UMY bekerjasama dengan Konsorsium Rumah Sakit Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah (KORSMA) melanjutkan rangkaian agenda seminar dan pelatihan sebagai jawaban kebutuhan RS Indonesia guna mencapai Quality dan Safety sebagaimana paradigma dalam standar akreditasi  terbaru.

Acara yang bertempat di Convention Hall – UMY Teaching Hospital, diselenggarakan dalam 3 sesi.  Sesi pertama adalah materi “ Kualifikasi dan Pendidikan Staf” oleh dr. Djoni Dharmadjaja, Sp. B., MARS, FinaCS, FIC. Surveyor KARS juga merupakan dosen tamu yang rutin mengajar  di Prodi MMR UMY menyampaikan mengenai pokok-pokok pemikiran mengenai pentingnya Kualifikasi  dan Pendidikan Staf (KPS) sebagai hulu dan proses Quality Assurance guna mencapai kualitas pelayanan yang paripurna.

Sesi kedua dengan dimoderatori oleh dr. Ekorini Listyowati, MMR (Wadir Pendidikan dan Penilitian RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta) berisi 2 materi. Materi pertama “Implementasi Kredensial dan Kinerja Dokter dan Perawat dalam Standar Akreditasi RS versi KARS 2012” kembali disampaikan oleh dr. Djoni.  Materi kedua “The Role of Medical Committee on Quality Improvement in Medical Services in Indonesian Hospial” disampaikan oleh Dr. dr. H. Hanny Rono Sulistyo, Sp.OG. (K)., MM. Kedua pemateri membahas secara mendalam mengenai peran penting komite medik dalam menciptakan Good Clinical Governance RS.

Dr. Hanny juga menyampaikan materi dalam sesi ketiga yang bertema clinical leadership “Peran dan Tantangan Manajer Rumah Sakit dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS.” Dalam sesi ketiga yang dimoderatori oleh Dr. dr. Arlina Dewi., M.Kes., AAK. ini juga disampaikan mengenai “Manajemen Komite Keperawatan” oleh Dr. Elsye Maria Rosa, SKM., M.Kep. Kedua materi tersebut disampaikan mengingat pentingnya dokter dan perawat sebagai manajer klinis, yaitu guna mencipatkan Good Clinial Governance di RS.

Dalam rangkaian selanjutnya, dilaksanakan pelatihan “Penyusunan Dokumen KPS dalam Standar Akreditasi RS versi KARS 2012.” Bertindak sebagai tim instruktur adalah Tim KPS RS Muhammadiyah Lamongan (RSML). RSML termasuk sebagai RS yang terakreditasi paripurna bintang 5 oleh KARS dengan standar akreditasi terbaru dan merupakan pioneer dalam hal manajemen mutu RS. Dengan workshop ini, diharapkan peserta dapat belajar dari keberhasilan RS yang telah lulus akreditasi dan memiliki gambaran yang nyata untuk implementasi standar KPS di RS masing-masing.

(MA)