Dr. Susanto, M.S. dan Pemateri Sesi 1

Dr. Susanto, M.S. dan Pemateri Sesi 1

Pajak mengajak peran serta rakyat untuk membiayai negaranya sendiri. Rumah sakit sebagai salah satu wajib pajak juga mempunyai kewajiban untuk ikut serta dalam membangun negara. Salah satu anggaran negara yang diperoleh dari pajak akan digunakan untuk anggaran kesehatan bagi rakyat. Sebagai salah satu wajib pajak, rumah sakit harus memiliki sebuah tax planning (perencanaan pajak) agar mengatur pembayaran pajak atau meminimalkan kewajiban pajak dengan tidak melanggar aturan yang berlaku dan tidak lebih dari jumlah yang seharusnya.

Mengingat pentingnya hal tersebut di atas, Program Pascasarjana Manajemen Rumah Sakit UMY mengadakan seminar Tax Planning pada hari Sabtu (7/6/2014). Seminar ini bertempat di Gedung AR Fachrudin A Kampus UMY Terpadu dan diikuti oleh mahasiswa MMR UMY angkatan 9. Dalam acara kali ini, turut hadir beberapa  rumah sakit amal usaha Muhammadiyah jejaring MMR UMY.

Peserta Seminar Tax Planning

Peserta Seminar Tax Planning

Seminar Tax Planning kali ini dibuka oleh Dr. Susanto, MS selaku Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus mewakili Kaprodi MMR yang berhalangan hadir.. Dalam sambutannya, dosen yang akrab disapa Pak Santo ini menyampaikan bahwa rumah sakit perlu memahami lebih dalam tentang kewajiban pajak rumah sakit karena merupakan bagian dari negara Indonesia, sehingga perlu ikut serta dalam membangun negara dengan pajak. Beliau juga menegaskan bahwa manajemen RS harus pula memahami tax planning (perancanaan pajak) sehingga terdapat efisiensi dan tidak terjadi kelebihan dalam pembayaran pajak.

Setelah pembukaan, seminar dimulai dengan paparan dari Dirjen Pajak yaitu Bapak Edy Triyanto, SE, MM. Selanjutnya materi tax planning secara lebih mendalam disampaikan oleh Bapak  Alex Murtin, SE., M.Si., Ak., CA. konsultan pajak yang sangat expert dalam hospital tax planning. Mahasiswa dan peserta seminar nampak antusias dalam mengikuti seminar serta nampak beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan.  (WP)

Sharing is caring!