Pada hari Jumat hingga Minggu, Tanggal 07-09 Desember 2012, Program Pasca Sarjana Manajemen Rumah Sakit (S2) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan “PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI RS” di Convention Hall Asri Medical Center Yogyakarta dari pukul 08.00-21.30 WIB selama dua hari (Jumat dan Sabtu) dan Hari Minggu di RS PKU Muhammadiyah Unit II Gamping, Yogyakarta. Pelatihan dilakukan dengan seminar,workshop dan FST. Workshop dilaksanakan secara pararel terbagi dalam Audit Proses Hand Hygiene, dan Audit Outcome HAIs.

Adapun pembicara dalam pelatihan ini antara lain, dr. Adib Abdullah Yahya.,MARS (Koordinator Bidang 1. Kajian Keselamatan Pasien, KKPRS dan Direktur Utama Rumah Sakit MMC), Costy Pandjaitan, CVRN, SKM., MARS (Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia), dr. Andaru Dahesihdewi, Sp.PK (Ketua PPI RSUP Dr. Sardjito), dr. Riska Humardewayanti, Sp.PD – KPTI (Ketua Perdalin DIY), Yeni Praweningdyah, DCN (RSUP Dr. Sardjito), Ir. Iswanta, MT (RSUP Dr. Sardjito), dr. Koencahyo K.A,Sp.OT (RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta), dr. Joko Murdiyanto, Sp.An (RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta), dr. Inayati Habib, M.Kes (FKIK UMY), Dr. Elsye Maria Rosa, M.Kep (MMR UMY), dan dr. Arlina Dewi, M.Kes (MMR UMY).

Perlu diketahui bahwa Standar Akreditasi RS Versi 2012 terdiri dari 4 kelompok yaitu Kelompok Standar Pelayanan Berfokus Pasien, Kelompok Standar Manajemen Rumah Sakit, Kelompok Sasaran Keselamatan Pasien, Dan Sasaran Program MDGs. Total 323 Standar dan 1048 Elemen Penilaian. Dimana salah satu BAB dalam Kelompok Standar Manajemen Rumah Sakit adalah Pencegahan dan Pengendalian Infeksi. Tujuan pengorganisasian Program PPI adalah mengidentifikasi dan menurunkan risiko infeksi yang didapat dan ditularkan diantara pasien, staf, tenaga profesional kesehatan, tenaga kontrak, tenaga sukarela, mahasiswa dan pengunjung.

Pelatihan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan RS menyusun persiapan akreditasi Rumah Sakit versi 2012, memenuhi persyaratan pasal 40 dalam Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit yaitu Akreditasi Rumah Sakit, dan menyiapkan agar Rumah Sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lain dengan sumber daya terbatas dapat menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi, sehinggga dapat melindungi tenaga kesehatan dan masyarakat dari penularan penyakit.

Peserta pelatihan ini terdiri dari : Direktur Utama/ Direktur/ Manajer, Dokter umum, dokter spesialis atau dokter yang dipersiapkan untuk menjadi IPCD, Perawat atau perawat yang dipersiapkan untuk menjadi IPCN, Tim PPI Rumah Sakit dan mahasiswa MMR UMY. Dalam Pelatihan ini peserta mendapatkan sertifikat SKP IDI dan SKP PPNI Yogyakarta.

Presented by :

PROGRAM PASCA SARJANA

MANAJEMEN RUMAH SAKIT (S2)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

CP : dr. Maria Ulfa, MMR (081392584777)