Joint Comission Internasional (JCI) sebagai lembaga akreditasi rumah sakit dunia khususnya  di Amerika Serikat telah membuat sebuah lembaga khusus untuk perbaikan pelayan kesehatan rumah sakit. Lembaga ini adalah Joint Commission Center for Transforming Healthcare. Dalam rangka perbaikan pelayanan kesehatan Joint Commission Center for Transforming Healthcare telah membuat sebuah inovasi baru. Inovasi ini adalah sebuah tool yang dinamakan targeted solutions tools (TST). TST adalah aplikasi online yang dibuat JCI  untuk membantu rumah sakit memecahkan beberapa masalah dan  hambatan dalam pelayanan  kesehatan di rumah sakit (1).

Targeted solution tools (TST) adalah sebuah aplikasi inovatif yang memandu organisasi pelayanan kesehatan seperti rumah sakit melalui proses langkah-demi-langkah untuk secara akurat mengukur kinerja aktual rumah sakit, mengidentifikasi hambatan untuk membentuk kinerja yang baik, dan mengarahkan pada solusi yang disesuaikan untuk mengatasi hambatan khusus rumah sakit mereka sendiri. TST juga memberikan tips dan panduan untuk mempertahankan proses perbaikan yang komprehensif. Tools ini telah dikembangkan dalam 3 hal yakni Hand Hygiene, Hand-off Communications dan Wrong Site Surgery. Namun, tools ini akan diperluas di masa depan untuk menambahkan solusi untuk masalah rumah sakit lainnya, diantaranya surgical site infections, heart failure hospitalizations, safety culture, preventing falls, dan sepsis.

TST yang telah diterbitkan oleh JCI ini banyak memiliki kelebihan, diantaranya mudah digunakan, bersifat rahasia, memiliki panduan pelaksanaan instruktif, menghemat waktu dan sumber daya, menyediakan analisis data seketika, memungkinkan organisasi untuk bekerja pada tujuan mereka sendiri, dapat diakses melalui website Center.

TST Hand Hygiene

TST

TST memberikan dasar dan kerangka metode perbaikan yang  jika diterapkan dengan baik akan meningkatkan kepatuhan kebersihan tangan para tenaga kesehatan di rumah sakit dan memberikan kontribusi besar terhadap upaya untuk mengurangi frekuensi infeksi terkait pelayanan kesehatan. Bersama-sama rumah sakit terkemuka Joint Commission Center for Transforming Healthcare pengembangan TST Hand Hygiene telah dicapai dan terus menunjukkan kemajuan besar dan berkelanjutan. Pada awal proyek pada bulan April 2009, rumah sakit tersebut terkejut  mengetahui bahwa tingkat kepatuhan Hand Hygiene mereka rata-rata 48 persen. Namun pada Juni 2010 mereka telah mencapai pada tingkat rata-rata 82 persen pada kepatuhan hand hygiene dan telah bertahan selama delapan bulan . TST telah mengumpulkan lebih dari 1.000.000 pengamatan hand hygiene. Data TST yang dikumpulkan menunjukkan bahwa kepatuhan hand hygiene secara signifikan meningkatkan tingkat kepatuhan hand hygiene mereka di seluruh Amerika Serikat rata-rata 44 persen. Selain itu, beberapa organisasi telah menghubungkan penggunaan TST pada penurunan infeksi terkait pelayanan kesehatan.

TST juga berguna dalam menurunkan hambatan dalam kepatuhan hand hygiene. Hal tersebut juga sesuai dengan penelitian yang hasilnya dapat terlihat dalam diagram di atas. Dari diagram tersebut dapat terlihat bahwa terdapat perbaikan dalam hambatan kepatuhan Hand Hygiene setelah penggunaan TST. Pada rumah sakit utama yang digunakan (unit 5A) telah terjadi penurunan hambatan dalam kepatuhan Hand Hygiene sekitar 43 % (2).

TST Wrong Site Surgery

Diluncurkan pada bulan Februari 2012, TST Wrong Site Surgery diciptakan untuk membantu rumah sakit mengidentifikasi, mengukur dan mengurangi risiko dalam proses yang dapat berkontribusi terhadap wrong site surgery. Risiko ini dapat dievaluasi di seluruh sistem pelaksanaan operasi , termasuk penjadwalan , pra-operasi dan pada saat operasi. Dengan penggunaan TST Wrong Site Surgery rumah sakit  yang berpartisipasi mampu mengurangi jumlah kasus dengan risiko sebesar 46 persen pada saat penjadwalan , sebesar 63 persen pada pra operasi dan sebesar 51 persen pada saat proses operasi.

TST1

Dari data-data yang telah disebutkan di atas, dapat diketahui bahwa TST sangat berguna bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk menemukan solusi dalam hal mengatasai hambatan pada penyelesaian masalah di rumah sakit. Namun untuk dapat mendapatkan hal tersebut, rumah sakit perlu untuk mengunjungi http://www.centerfortransforminghealthcare.org  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. (WP)

 

 

 

 

 

Sumber :

(1)    Targeted Solutions Tool diakses dari http://www.centerfortransforminghealthcare.org/tst.aspx

(2)   Improving Hand Hygiene by Using Targeted Solutions  diakses dari www.utsystem.edu › hea › buildingbridge › files ‎ 

Sharing is caring!