THE FUTURE GREEN HOSPITAL

15/11/2018 oleh : mmr
Penulis: dr. Maria Ulfa MMR

Lingkungan kesehatan kita yang memburuk adalah masalah yang sangat penting secara nasional dan internasional karena memiliki pengaruh langsung pada kesehatan manusia, tetapi ironi yang menyedihkan adalah bahwa sektor kesehatan itu sendiri memiliki peran dalam membawa perubahan iklim. Sektor kesehatan beroperasi di lingkungan yang sama dengan industri lainnya, lingkungan yang menopang miliaran manusia.


Sektor kesehatan merupakan salah satu bagian yang dapat memainkan peran penting dalam mitigasi perubahan iklim karena merupakan salah satu pengguna energi terbesar. Fasilitas kesehatan baik itu klinik maupun rumah sakit adalah salah satu institusi paling penting yang mencatat konsumsi energi tinggi dan permanen di dunia. Rumah sakit modern telah dirancang dengan massa termal rendah di mana mereka memanaskan dengan cepat dan mendinginkan pada kecepatan yang sama. Ini berarti mereka sangat bergantung pada system buatan seperti ventilasi, pencahayaan dan lingkungan interior. Fasilitas lain seperti lift, sterilisasi dan pembersihan, ruangan observasi maupun intensive, dan ruangan gawat darurat harus bekerja 24 jam sehari, 365 hari setahun. Menurut Healthtrust, rumah sakit mengkonsumsi hampir dua kali energi yang dikonsumsi oleh bangunan komersial rata-rata.

Image courtesy of NCBI

Rumah sakit sekarang ini menghadapi tantangan untuk mengembangkan “green hospital” dengan sustainable energy tanpa menghambat pembangunan rumah sakit dan mengganggu layanan perawatan. Organisasi kesehatan memiliki target untuk menjadi carbon neutral pada tahun 2020 dan ‘carbon net positive’ pada tahun 2025. Konsep rumah sakit hijau akan memiliki dampak penting pada proses terapeutik di masa yang akan datang. Daripada dirujuk ke tempat yang hanya menyediakan fasilitas perawatan kesehatan, rumah sakit di masa depan sekarang akan mengarah pada kesehatan dan diubah menjadi ruang ramah lingkungan untuk sembuh.

Untuk menjadi ramah lingkungan, sektor kesehatan dapat menerapkan beberapa langkah dasar seperti: peningkatan desain rumah sakit, pengenalan strategi pengurangan limbah dan manajemen yang berkelanjutan, penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan seperti air dan energi, serta pemanfaatan dan pembelian produk-produk tersebut. dan bahan kimia, yang memiliki dampak minimal terhadap lingkungan.

Definisi Green Hospital

Rumah sakit hijau dapat didefinisikan dalam beberapa cara. The Federal Environmental Executive mendefinisikan “green hospital” sebagai  praktik peningkatan  efisiensi pada kinerja bangunan pada penggunakan energi, air, dan bahan, dan mengurangi dampak bangunan pada kesehatan manusia dan lingkungan, melalui penentuan desain, konstruksi, operasinal, pemeliharaan, dan pemindahan yang lebih baik.

The United States Environmental Protection mendefinisikan “green hospital” sebagai praktik menciptakan struktur dan menggunakan proses yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan sumber daya yang efisien di seluruh siklus hidup bangunan mulai dari penentuan lokasi hingga desain, konstruksi, operasi, pemeliharaan, renovasi, dan dekonstruksi. Praktik ini memperluas dan melengkapi kekhawatiran desain bangunan klasik ekonomi, utilitas, daya tahan, dan kenyamanan. Bangunan hijau juga dikenal sebagai bangunan yang berkelanjutan atau berkinerja tinggi.

Menurut Healthcare Without Harm, rumah sakit yang hijau dan sehat adalah yang mempromosikan kesehatan masyarakat dengan terus mengurangi dampak lingkungannya dan akhirnya menghilangkan kontribusinya terhadap beban penyakit. Sebuah rumah sakit yang hijau dan sehat mengakui hubungan antara kesehatan manusia dan lingkungan dan menunjukkan pemahaman itu melalui tata kelola, strategi dan operasinya. Ini menghubungkan kebutuhan lokal dengan aksi lingkungan dan mempraktekkan pencegahan primer dengan secara aktif terlibat dalam upaya untuk mendorong kesehatan lingkungan masyarakat, kesetaraan kesehatan dan ekonomi hijau.

Menurut Indian Green Building Council, bangunan rumah sakit hijau dapat didefinisikan sebagai salah satu yang meningkatkan kesejahteraan pasien, membantu proses kuratif, sambil memanfaatkan sumber daya alam dengan cara yang efisien, ramah lingkungan.

Pengembangan Green Hospital

Untuk mendukung usaha-usaha dalam mempromosikan keberlanjutan dan kesehatan ingkungan yang lebih luas di sektor kesehatan, Global Green and Healthy Hospitals Network (www.greenhospital.net) memiliki 10 (sepuluh) kerangka tujuan yang saking berkaitan, antara lain :

  1. Leadership
  2. Chemicals
  3. Waste
  4. Energy
  5. Water
  6. Transportation
  7. Food
  8. Pharmaceuticals
  9. Building
  10. Purchasing

 

Berikut ini 5 langkah awal untuk membangun sustainability dari fasilitas kesehatan.

  1. Usage of existing materials before purchasing new ones
  2. Installing “Green Space”, dengan memperkenalkan rumah sakit dengan green concept sehinga dapat menginformasikan dan menyebarkan kesadaran akan masalah ekologis, misalnya dengan membangun taman hijau baik di halaman rumah sakit maupun di rooftop
  3. Enhanced natural light, meningkatkan penggunaan pencahayaan alami.
  4. Usage technology to curb energy use
  5. Expand technology recycling plans

Doing things differently

Banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang baru dibangun di berbagai negara saat ini tidak hanya berfokus kepada merawat pasien mereka, mereka juga memperhatikan lingkungan dengan berbagai cara:

  1. High-efficiency water systems, yang mampu menghemat sekitar 30% ketika diukur bersama dengan drainase yang tepat, misalnya, toilet dengan flush rendah.
  2. Memenuhi persyaratan daya dengan energi dari sumber terbarukan (energy from renewable sources).
  3. Innovative ventilation system, untuk mendaur ulang udara di dalam rumah sakit.
  4. Occupant-sensing lighting systems, dengan green roofs dan pembangkit listrik on-site.
  5. Manajemen data tanpa kertas dan penyimpanan catatan.
  6. Sistem hemat energi untuk unit chillers, boilers dan isolasi.
  7. Memasang “green space” di dalam dan di sekitar fasilitas kesehatan.

Fitur-fitur modern dan canggih ini membuat mereka terpisah dan berkembang dari fasilitas perawatan kesehatan yang khas di dunia.

Visi Green Hospital masa depan

Energi berkelanjutan merupakan masalah besar untuk operasi rumah sakit baik di pusat pedesaan maupun perkotaan. Ini panggilan untuk kemitraan rumah sakit global yang berkelanjutan dengan perusahaan yang fokus pada infrastruktur energi berkelanjutan.

Green hospital adalah praktik manajemen kesehatan yang tepat di masa depan. Ini akan memastikan pasokan ebergi tak terbatas di lembaga medis, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan merampingkan alur kerja untuk memastikan energi yang berkelanjutan di rumah sakit. Hal ini memerlukan kolaborasi dari sektor pemerintah maupun swasta untuk memenuhi kebutuhan spesifik rumah sakit melalui system yang inovatif  dan berkelanjutan.