Pelayanan kesehatan merupakan produk jasa utama yang ditawarkan oleh rumah sakit. Fasilitas pelayanan kesehatan tidak akan berjalan dengan baik, tanpa didukung dengan ketersediaan fasilitas bangunan, prasarana, dan peralatan kesehatan yang aman. Seluruh hal ini merupakan bagian dalam bidang ilmu hospital engineering, yaitu rekayasa (engineering) di bidang per-rumah sakit-an. Dalam rangka mengembangkan dan menyebarluaskan bidang ilmu tersebut, Program Pascasarjana Prodi Manajemen Rumah Sakit UMY dalam tahap awal menyelenggarakan workshop blok elektif berkaitan dengan hospital engineering yang menrupakan cikal bakal berdirinya Prodi Hospital Engineering yang akan segera dibentuk. Workshop kali ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa program pasca sarjana Manajemen Rumah Sakit UMY, namun juga mahasiswa tingkat akhir Fakultas Teknik UMY, serta direktur dan manajer sarana prasarana rumah sakit jejaring MMR UMY.

rektorat-umy

Workshop kali ini dibuka oleh Dr. Elsye Maria Rosa, M.Kep selaku Sekertaris Prodi MMR UMY. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa rumah sakit memiliki tugas utama untuk menjalankan patient safety, untuk itulah para calon manajer rumah sakit ataupun dierektur dan manajer rumah sakit harus mengerti masalah yang terjadi di rumah sakit dan bagaimana cara menyelesaikannya. Dengan diadakannya blok elektif hospital engineering, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola rumah sakit terutama dalam hal sarana dan prasarana rumah sakit.

Workshop ini berlangsung selama 2 hari yakni 23-24 Mei 2014 di gedung AR. Fahrudin A, UMY. Dalam workshop kali ini materi disampaikan oleh beberapa pakar, diantaranya:

–           Ir. Supardjo, M. Kes. (Kabid. Peminatan Clinical Enginering, Prodi Biomedical Engineering, Program Pascasarjana Universitas Indonesia),

–            Iswanta, ST., MT., (team teching Manajemen Fasilitas dan Keselamatan Prodi MMR UMY, Ka. IPSRS RSUP Dr. Sardjito, Konsultan Teknik Perumahsakitan),

–           Adi Utomo Hatmoko, ST., M.Arch.  (staf pengajar Program Master Arsitektur, MMR Universitas Gajah Mada; Konsultan Arsitektur )

–          Ir. Eko Prasetyo, M.Eng. (staf pengajar Fakultas Teknik UMY)

(WP)

Sharing is caring!